Pengendara Motor Kritis Akibat Terkena Bongkahan Batu Di Jalan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pengendara Motor Kritis Akibat Terkena Bongkahan Batu Di Jalan

April 28, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}




BANDUNG - Seorang pengendara motor berinisial IS tertimpa bongkahan batu berdiameter 2,5 meter yang jatuh dari bukit di Jalan Raya Soreang-Ciwidey, tepatnya di Kp. Cukang Ganteng, Desa Cukang Ganteng, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/4/2019) sekira pukul 21.30 WIB. Korban saat ini kritis di RSUD Soreang. 

Pusdalops Damkar Kabupaten Bandung, Rizki Nauval Mujahid mengatakan, longsoran bongkahan batu tersebut terjadi akibat imbas dari curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Bandung, sejak Sabtu petang. 

"Curah hujan tinggi setelah magrib sekitar pukul 18.00 sampai pukul 20.00, ada beberapa longsoran yang menyebabkan batu jatuh," katanya. 

Rizki mengatakan, kontur tanah di kawasan tersebut yang berbukit juga diindikasi penyebab longsor. Akses jalan mendatar, namun samping kiri jalan ada bukit setinggi 20 meter, sementara samping kanannya jurang. Demi keselamatan, petugas melakukan pengecekan ke atas bukit, khawatir longsor susulan terjadi. 


"Kita cek ke atas, sajauh ini tidak ada batu atau sisa bongkahan yang berpotensi jatuh," katanya. 


Lebih lanjut ia menuturkan, bongkahan batu yang sempat menghalangi jalan sudah berhasil dievakuasi. Ia pun mengimbau warga dan pengendara untuk berhati-hati melintas di jalan yang konturnya berbukit. 


"Kontur daerah kabupaten Bandung banyak bukit, perlu diwaspadai untuk pengendara jalan atau warga yang bermukim di daerah yang berbukit, karena curah hujan saat ini tidak bisa diprediksi," katanya.(Cox)