OTT Saber Pungli Polda Jabar, diduga Menjerat Dunia Pendidikan di Purwakarta

Iklan Semua Halaman

Header Menu

OTT Saber Pungli Polda Jabar, diduga Menjerat Dunia Pendidikan di Purwakarta

May 17, 2019

Tim Saber Pungli Polda Jabar

Purwakarta, Journalnews.co.id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) menyatakan, kebijakan adanya pungutan bagi orang tua siswa pada sekolah harus diatur oleh dinas pendidikan di daerah tersebut. Hal ini untuk menghindari adanya pungutan liar.



Salah satu yang disesalkan yakni terjadinya dugaan pungutan atau Pungli di salah satu SMPN di wilayah Kecamatan Plered kabupaten Purwakarta Jawa barat, untuk biaya UNBK Rp 700,000 perpisahan Rp 300.000 dan untuk pengerasan lapangan Rp 250.000.ujar Bejo pemerhati sekolah. Kepada media ini Jumat (17/05/2019)





"Menurut Bejo menyatakan, bila didapati adanya pungutan liar yang dilakukan pihak sekolah, maka penting untuk masyarakat bisa langsung melaporkan pada Satuan Tugas Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar) ujarnya 





"Supaya bisa langsung ditangani tim saber Pungli, apakah dana ini masuk kantong pribadi atau sebuah kebijakan. Kalau kebijakan maka akan dikoordinasikan dengan dinas, karena memang ada kebutuhan peningkatan mutu di sekolah dan kita tahu anggaran terbatas," jelasnya.






Kendati demikian, dia juga meminta untuk pihak sekolah tidak memanfaatkan pungutan resmi menjadi sebuah istilah berbeda dengan tujuan pungutan liar. "Sekolah tidak boleh menjadikan kesempatan pungutan itu untuk pungutan liar," ungkapnya





Laporan : Rudy Harto