DESA DOLOK RAJA SIHOTANG LAKSANAKAN JUMAT BERSIH

Iklan Semua Halaman

Header Menu

DESA DOLOK RAJA SIHOTANG LAKSANAKAN JUMAT BERSIH

June 14, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}


Desa Dolok Raja Berusaha mewujudkan gerakan Desa Bersih.


SUMUT,JOURNALNEWS-Program Jumat Bersih akan terus digalakkan di setiap wilayah desa dan menjadi program Pemerintah kabupaten samosir. Hal ini juga dalam upaya mewujudkan gerakan Desa Bersih, yaitu lingkungan yang bersih, sehat indah dan harmonis dalam program Gerekan Desa Membangun.


Kepala Desa Dolok raja, beserta Aparatur Desa, warga, melakukan kegiatan Jumat bersih dengan membersihkan lingkungan Desa/Jalan Desa di setiap Dusun  yang ada di Desa Dolok raja sihotang,Jumat (15/6/2019).



Jumat Bersih Di Desa Dolok Raja Sohotang.


Kepala Desa Dolok raja,Robert Sihotang mengatakan, program Jumat Bersih ini menjadi program untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.Tidak hanya di lingkungan perkotaan,tetapi  juga sampai ke desa-desa dengan melibatkan sejumlah instansi terkait.Termasuk juga dari pemerintah desanya masyarakatnya yang dengan penuh kesadaran ikut berpatisipasi dalam kegiatan aksi bersih-bersih lingkungan seperti yang terlaksana hari ini.





Jumat Bersih Di Desa Dolok Raja.


"Tanpa adanya kerjasama dan partisipasi aktif dan kesadaran dari masyarakat, program bersih ini tidak akan berjalan. Tapi,Puji Tuhan kegiatan jumat bersih hari ini dapat berjalan dengan baik dan penuh semangat," ujar Robert Sihotang


Ketua DPD JPKP(Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan) Samosir, Sartono sihotang itu pun menyampaikan,kebersihan dan keindahan lingkungan sangat perlu dijaga bersama.Menjaga kebersihan itu sangat penting, terutama dalama menjaga kesehatan lingkungan sekitar. Selain itu,Desa Dolok raja  juga akan termotivasi dan terbiasa dengan gerakan budaya Gotong royong,atau sering orang Batak bilang"Rimni Tahido Gogotta". Saya berharap agar masyaraka juga dapat  berpartisipasi untuk menjaga kebersihan bersama," imbuhnya.


Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di lingkungan akan terasa nyaman dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik,"ujar sartono sihotang


Warga Dusun III Desa Dolok raja,Pinansius Manurung(Bp.Edo)mengatakan“Hal Ini merupakan tanggung jawab kita bersama,Aparat Desa bersama masyarakatnya menjaga lingkungan Desa menjadi Lingkungan yang bersih.Sudah menjadi kewajiban bagi kita bersama untuk memberikan contoh dengan melakukan hal yang postif, terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari Jumat,” ungkapnya



Pinansius Manurung(Baju Batik coklat)Warga Desa Dolok Raja Yang Juga Ketua Salah Satu Sanggar Tari Di Kenegerian Sihotang.


“Apa yang dilakukan pemerintah Desa dan yang kita lakukan tentu rakyat akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru. Selain itu, kegiatan Jumat Bersih juga akan melestarikan gotong royong sebagai salah satu budaya warisan para leluhur kita,” ujar Pinansius Manurung.



(Join / Ton's)