RAKERDA JPKP SE-SUMUT,SUKSES DIGELAR DI SIANTAR

Iklan atas Semua Halaman 970x250

Header Menu

RAKERDA JPKP SE-SUMUT,SUKSES DIGELAR DI SIANTAR

16 Juni 2019


SUASANA RAKERDA JPKP SE-SUMATERA UTARA DI HOTEL GRAN PALM PEMATANG SIANTAR


SUMUT,JOURNALNEWS-Rapat Kerja Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP)  Se-Sumatera Utara digelar, sekaligus menjalin silaturrahim dengan ketua  umum Maret Samuel Sueken,sabtu (15/6/2019)di gelar di  Hol Grand,dimulai sekitar pukul 10:00 wib, diawali dengan upacara nasional menyanyikan lagu indonesia raya, dan mengheningkan cipta.


Acara yang dihadiri oleh, Kapolres Siantar dalam hal ini di wakili oleh Waka Polres Siantar Kompol, Amakhoita Hia, Ketua Umum JPKP Maret Samuel Sueken, Ketua DPD JPKP Siantar, Sutrisno Dalimunthe para ketua DPD JPKP dan pengurus inti Se-sumatera utara.



Menjalin Silaturrahim DPD JPKP Se-Sumut Dengan Ketua  Umum,Maret Samuel Sueken


Setelah usai acara nasional, dilanjutkan dengan kata kata sambutan yang diawali oleh Ketua DPD Sutrisno Dalimunthe, kemudian Ketua Umum JPKP Maret Samuel Sueken, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh WakaPolres Kompol Amakhoita Hia dan Walikota Siantar yang diwakili oleh Zainal Siahaan.


Ketua Umum JPKP Maret Samuel Sueken mengatakan,Rapat Kerja Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP)  Se-Sumatera, sekaligus menjalin silaturrahim dengan agenda rapat kordinasi antara pengurus JPKP tingkat  kabupaten/Kota Se-sumatera utara.



Waka Polres Siantar Kompol, Amakhoita Hia, Ketua Umum JPKP Maret Samuel Sueken, Ketua DPD JPKP Siantar, Sutrisno Dalimunthe para ketua DPD JPKP dan pengurus inti Se-sumatera utara.


Untuk agenda pertama adalah membahas tentang program kerja serta menuangkan aspirasi sehingga dalam pertemuan tersebut dapat di tuntaskan ditingkat daerah dan tingkat provinsi hingga tingkat pusat.selanjutnya sebagai  ajang Silaturahmi antara seluruh pengurus JPKP dari setiap daerah hingga dapat bertemu langsung antar sesama pengurus JPKP,sehingga dapat saling berdikusi dan temu kangen untuk kemajuan organisasi.


"Rakerda bukan hanya seremonial berkumpul tapi jadikan sebagai evaluasi dan tukar pikiran dalam mencari solusi”, ujar Maret Samuel Sueken


Lanjutnya,segala masukan dan permasalahan yang ada di daerah silahkan laporkan ke DPP JPKP Melalui ke sekjenan,Saya akan merespon dengan segera melanjutkan ke intansi terkait dan ke kantor staf presiden(Ksp),tentu dalam hal laporan agar mengikuti jentang karena kita adalah organisasi terstruktur,"tegas maret.


Maret Samuel Sueken mengingatkan JPKP telah melakukan MOU(memorandum of understanding)dimana MOU adalah sebuah dokumen legal yang menjelaskan persetujuan antara dua belah pihak.JPKP telah melakukan MOU dengan Beberapa Intansi yaitu:

1.MOU(memorandum of understanding) dengan Kementerian Sosial

2.MOU(memorandum of understanding) dengan Kementerian Kesehatan

3.dan MOU(memorandum of understanding) dengan Kantor Staf Presiden(ksp) JPKP Jugan Bermitra dan berkomunikasih baik dengan POLRI.



Maret Samuel Sueken(Ketua Umum JPKP) & Sartono Sihotang(Ketua DPD JPKP Samosir)


Jaringan Pendamping KebijakanPembangunan (JPKP) dalam melakukan pendampingan terhadap program program kebijakan pemerintah yang tertuang dalam APBN, APBD I, APBD II dan Program Kerja BAPENAS menjalin kerjasama dengan Kementrian terkait melalui Kantor Staf Presiden Republik Indonesia ( KSP RI ).


,"Setiap temuan-temuan yang ada di dalam masyarakat terkait dengan pelaksanaan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam program NAWACITA

agar diakomodir untuk disharingkan dengan pemegang kebijakan yang ada didaerah untuk dicari titik penyelesaiannya, apabila tidak bisa terselesaikan segera laporkan kepusat DPP JPKP," tegas Maret Samuel Sueken


Rapat Kerja Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP)  Se-Sumatera Utara, sekaligus menjalin silaturrahim dipandu langsung oleh ketua DPD JPKP Kota pematang siantar,Sutrisno Dalimunthe selaku tuan rumah.dengan penuh kehangatan dan keakraban,panitia memberikan kesempatan kepada ketua DPD dari Setiap Kabupaten/kota yang hadir diruangan rapat untuk mengajukan pertanyaan sekaligus paparan.


Para ketua DPD JPKP yang hadir silih berganti bergiliran memaparkan yang dialami di daerahnya masing-masing.perwakilan dari kepulauan Nias mengatakan,bahwa progaram Jokowi masih banyak yang tidak tepat sasaran,ada juga penggunaan dana desa tidak transparan alias amburadul.


Hal yang sama juga dilontarkan ketua DPD JPKP dari daerah lain,ada juga DPD JPKP yang tidak direspon kepala daerahnya dalam hal Audiensi dan kegiatan-kegiatan JPKP,dan berharap DPP JPKP pusat menindak lanjuti masukan dan keluhannya ke instansi terkait bahkan ke kantor staf presiden(ksp)


Ketua DPD JPKP Samosir,Sartono Sihotang Mengatakan,Jpkp Samosir Aman-aman Saja.JPKP Samosir berjalan ketahun ke tiga(3)dan sampai saat ini segala kelebihan dan kekurangannya dapat menjalin mitra terhadap pemerintah daerah.Harapan kami kedepan agar penggunaan dana desa Lebih Transparan,transparansi adalah pencegahan Korupasi,"pungkasnya.


“Saya berkomitmen akan terus mengawal dana desa agar realisasinya dapat dirasakan masyarakat,Hal ini sejalan dengan cita-cita Nawacita Presiden Jokowi tentang membangun dari pinggiran, yaitu pembangunan dari desa,” tegas sartono sihotang


(Ton's)