Terbilang Unik, Kampanye Perdana Balon Kades Losari Kidul Keliling Kampung Dengan Sapu Jagat

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Terbilang Unik, Kampanye Perdana Balon Kades Losari Kidul Keliling Kampung Dengan Sapu Jagat

June 13, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}


Kabupaten Brebes, Journal News co.id.- Memasuki kampanye,  Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Desa Losari Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes terbilang Unik Pasalnya dalam kampanyae perdananya calon kuwu atau kepala desa menggelar kegiatan bersih - bersih dengan tema " Sapu Jagat "  Kamis, ( 13/6/2019 ).


Bakal Calon ( Balon )  Kepala Desa nomor urut 01 gelar kampanye perdananya  pada hari kamis 13 Juni 2019 pukul 08.00 WIB, hingga selesai, Nampak calon kades no. urut 01 dari kediaman rumahnya dengan didampingi sang suami beserta anak-anaknya juga warga pendukungnya, Ritnawati Sebagai Calon Kepala Desa Losari Kidul menggelar kegiatan kampanyenya  perdananya dengan berkeliling kampung desa setempat, Dengan memegang berbagai alat kebersihan mulai dari sapu, pengki, serok sampah , dan alat kebersihan lainnya. Ritnawati berkeliling desa dengan diiringi lantunan sholawat, sambil melakukan kegiatan bersih - bersih lingkungan Seperti sampah yang ada di jalanan dan seiring berjalannya kampanye, warga  masyarakat nampak antusias ikut serta  mengikuti langkah Ritnawati untuk berkeliling kampung hingga membersihkan sampah serta mengumandangkan sholawat. berlangsung meriah dan khidmat ketika acara berlangsung.


Ritnawati Calon Kuwu Nomor Urut 01 Desa Losari Kidul mengatakan ketika ditanya awak media ini   Apa alasanya dalam  melakukan kampanye damai ini dengan melakukan kegiatan kebersihan" 


Ritnawati menjawab,  "Ini adalah gerakan moral yang saya namai sebagai gerakan sapu jagat " ungkapnya 


Dia mengungkapkan,  Sebagai Calon Kuwu satu-satunya yang mewakili Desa losari kidul ini dirinya merasa  terpanggil gender, dengan naluri ke ibuan,  saya jujur menginginkan gerakan Sapu Jagat ini kita lakukan secara istiqomah dikarenakan ini adalah ibadah berjamaah mengikuti perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, sebagai bentuk pengamalan Sila ke-1 dari Pancasila bahwa kebersihan ialah sebagian daripada iman dan wujud nyata pengabdian saya sebagai warga Desa Losari Kidul yang mencintai tanah kelahiran yang dianjurkan oleh para Ulama Tajug atau mushola kepada saya tentang Husbul waton minal iman. Tuturnya Ritnawati 


Selain itu, Dia juga berharap kedepanya jika dipercaya dan diberi kesempatan untuk memimpin Desa Losari Kidul ini dengan

icon Sapu Jagat ini kita bukan berarti hanya kebersihan lingkungan, akan tetapi bersih dari korupsi untuk menciptakan pemerintah yang berwibawa, atau dalam istilah kerennya disebut sebagai Clean Government and Good Governance dan juga  Menanamkan isme hidup bersih dan sehat kepada masyarakat merupakan kewajiban seorang pemimpin, untuk itu saya dan keluarga mempelopori  agar masyarakat dapat mengikuti gerakan Sapu Jagat ini secara gotong - royong atau berjamaah dan bersama secara rutin kedepanya dilakukan setiap hari Jum'at pagi meluangkan waktu 10 menit, bersama aparat Pemerintah Desa, RT dan RW , serta Ulama Tajug sambil bersholawat dengan segenap elemen masyarakat yang menginginkan perubahan Desa Losari Kidul menuju Desa berpredikat terbersih Se-Kabupaten Brebes dan menjadi desa percontohan di Provinsi Jawa Tengah. Terangnya Ritnawati 


Lanjutnya, Ritnawati, Masyarakat antusias melihat serta mengikuti gerakan Sapu Jagat yang dipelopori calon nomor 01, karena kerinduannya terhadap kegiatan gotong-royong serta kebersamaan, Mereka punya harapan kedepan pemimpin yang memberikan contoh  kegiatan positif langsung sebagai aplikasi terapan dalam kehidupan sehari-hari, dan merasa yakin kepada Figur calon nomor urut 01 Desa Losari Kidul dapat mewujudkan cita-cita bersama. 


Ritnawati juga, punya  prioritas kedepanya agar masyarakat memahami betapa pentingnya bersih dan hidup sehat serta mengerti pula tentang kesehatan lingkungan yang berdampak sangat besar diberbagai bidang, antara lain :


1. masyarakat harus memahami mana sampah organik dan non organik khususnya kalangan ibu-ibu dan kaum perempuan yang nanti akan dapat membangun ekonomi keluarga, baik membuat pupuk organik dari sampah ataupun pengelolaan limbah non organis seperti untuk pembuatab biji plastik dan pemanfaatan lainnya dari gali potensi


2. selama ini pemerintah Kabupaten Brebes mengalami kerepotan pengelolaan sampah seperti yang dikeluhkan oleh Dinas Lingkungan Hidup, dari himbauan-himbauan yang diberikan yang ramai dibicarakan di Media Sosial tentang pengelolaan sampah yang memakan anggaran cukup besar, terlebih bagi petani yang mengalami kendala kehilangan kesuburan tanah, akibat sampah-sampah yang tercecer masuk ke-areal irigasi dan mencemari lokasi pertanian sawah dan kebun khususnya di Desa Losari Kidul, yang menjadi kendala dan selama ini belum teratasi, yang mengakibatkan penurunan hasil panen, dikarenakan tingkat keasaman tanah mulai berkuranf dengan banyaknya yang tercecer di sawah dan areal pertanian, kedepan harus lebih pertanian Desa Losari Kidul harus lebih baik.


3. Kebersihan dan Kesehatan yang ditimbulkan dari efek gerakan Sapu Jagat akan mendorong masyarakat dalam menciptakan keindahan dan ketertiban , dan hal ini akan mendorong pula masuknya investasi ke-Desa Losari Kidul Dikarenakan Investor mengharapkan hal kenyamanan


4. Gerakan Sapu Jagat ini kedepan akan menggandeng Corporate Social Responsibility atau CSR, dari PT.KAI (PT.Kereta Api Indonesia) yang melintas di Desa Losari Kidul, karena tidak jarang penumpang Kereta Api yang membuang sampah sembarangan di areal pertanian Desa Losari Kidul, yang seharusnya PT.KAI wajib mengeluarkan dana CSR kepada masyarakat Desa Losari Kidul , yang selama ini tidak terdengar oleh masyarakat Desa Losari Kidul seeta  jarang masyarakat  mengerti dan mengetahui 


5. Bukan hanya areal pertanian akan tetapi kebersihan pasar Desa Losari Kidulpun harus terjaga, para pedagangpun harus mulai berbenah untuk berperan serta ikut dengan gerakan Sapu Jagat agar meningkatkan daya beli dan daya saing menuju pasar tertib, bersih, dan nyaman.


6. Tidak menutup kemungkinan peran aktif pemuda dan pemudi Desa Losari Kidul ikut andil dalam gerakan Sapu Jagat, untuk mengembangkan kreativitas dan bakat dalam hal menciptakan keindahan Desa Losari Kiduk, seperti taman dan tempat bermain anak-anak serta sarana olahraga yang bersih dan nyaman.


Dengan kenyamanan dan keindahan atas terciptanya kebersihan lingkungan serta terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa akan mendorong keterbukaan, kegotong-royongan, serta kebersamaan dalam menciptakan pelayanan publik yang terbaik, itulah harapan Ritnawati melakukan gerakan Sapu Jagat bersama Ulama Tajug dan seluruh elemen masyarakat Desa Losari Kidul.


Laporan: wadira.saiful