ANGGOTA FRAKSI NASDEM DPR RI DAPAT PENGHARGAAN SATYALANCANA WIRA KARYA

Iklan atas Semua Halaman 970x250

Header Menu

ANGGOTA FRAKSI NASDEM DPR RI DAPAT PENGHARGAAN SATYALANCANA WIRA KARYA

14 Juli 2019



PURWOKERTO–Sabtu, 13 JULI 2019. Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Titik Prasetyawati Verdi menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya dalam puncak perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72. Pemberian penghargaan diselenggarakan di kota Purwokerto Jawa Tengah.

Penganugerahan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan Presiden RI No.52/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya. Pemberian tanda jasa yang rencananya diberikan Presiden Joko Widodo diwakilkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Melalui keterangan tertulisnya kepada media, Titik dipandang berhasil dalam memajukan koperasi di Jakarta dan membangun koperasi di berbagai daerah di Indonesia.

"Alhamdullilah, ini adalah puncak dari hasil kerja melalui proses yang sangat panjang, yang hingga detik ini mendapatkan hasil maksimal. Penghargaan ini memberikan motivasi kepada saya untuk bekerja lebih keras lagi untuk membangun koperasi yang semakin berkualitas,” kata Titik di Purwokerto, Jumat (12/7/2019).

Meskipun Titik merupakan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem yang bertugas di Komisi X yang tidak berkaitan dengan koperasi, namun keterlibatannya dalam koperasi merupakan kepedulian Titik terhadap ekonomi kerakyatan.

“Saya implementasikan koperasi dalam kehidupan keseharian saya dalam berorganisasi di masyarakat, walaupun saya di DPR RI duduk di komisi X,” terangnya.

Tercatat di Kementerian Koperasi, Titik mulai merintis koperasi di Bandung, kemudian ia pengembangkan lebih lanjut di kota masa kecilnya Tulungagung. Aktivitas berorganisasi melalui koperasi ia kembangkan lebih lanjut di Blitar, Ngawi, dan Trenggalek. Total koperasi yang diorganisir mencapai ratusan unit bisnis. Ia kemudian mengorganisasikan koperasi di Jakarta, ia menjabat sebagai Ketua Koperasi Sekunder Bushido Perwira Nusantara Kota Jakarta Pusat.

Satyalancana Wira Karya yang didapatkan oleh Titik dalam puncak peringatan Harkopnas merupakan sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan oleh Pemerintah kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan bahwa geliat ekonomi melalui koperasi sejalan dengan pemerataan ekonomi yang dilakukan pemerintah melalui reforma agraria, seperti redistribusi lahan dan perhutanan sosial. Untuk itu, pemerintah akan melakukan percepatan upaya melalui koperasi agar terjadi transformasi ekonomi.

Ke depan, Darmin memperkirakan, akan ada ribuan koperasi yang terbentuk dan menjadi transformasi ekonomi. Dengan metode kelompok, kluster, atau koperasi akan terjadi perubahan dan kemajuan ekonomi, sekaligus memperbanyak nilai tambah pada petani dan UMKM.

"Saya mencontohkan, dengan transformasi ekonomi, petani tetap melakukan kegiatan menanam. Tapi, dengan perkuatan modal, petani menanam tanaman yang lebih menguntungkan," ucap Darmin.

Hadir dalam puncak perayaan Harkopnas meliputi Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan para Bupati/Walikota dari berbagai wilayah. []