APAKAH SELAMA INI POLIGAMI DISEBUT BARANG ILEGAL?

Iklan atas Semua Halaman 970x250

Header Menu

APAKAH SELAMA INI POLIGAMI DISEBUT BARANG ILEGAL?

7 Juli 2019



ACEH -Rakyat aceh hari ini di hebohkan dengan isu poligami. Salah se…orang Komisi VII Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)  tengah membahas Qanun Tentang Hukum Keluarga. Salah satunya hukum yang mengatur tentang pelegalan Poligami. 

Yang menjadi pertanyaan saya apakah selama ini poligami itu barang  Ilegal? Atau poligami itu suatu benda yang dilarang dalam hukum islam? Dan apabila nantinya poligami dilegalkan berapa persen perempuan aceh yang siap dipoligami?

Saya erna ufni jailani selaku seorang perempuan yang berkehidupan di lingkungan masyarakat awam, sempat bingung dengan isu yang beredar, seolah-olah hari ini laki-laki sudah di zalimi hak nya oleh perempuan, ingat  bahwa pernikahan tidak hanya melepaskan hawa napsu semata. 

Akan tetapi sanggupkah kalian berbuat adil? Tidak hanya dengan adil secara biologis akan tetapi adil di dalam bidang-bidang yang lain seperti kebutuhan sehari-hari, baik dari segi sandang, papan, pangan dan kebutuhan perempuan pada umumnya. 

Dan juga harus adil terhadap anak, baik dari segi ranah pendidikan, lingkungan dan agama.

Saya mendukung poligami akan tetapi poligami seperti yang di sebutkan didalam hukum islam, bagi siapa yang mampu berbuat adil. 

Jauh-jauh hari sebelum isu legalnya poligami, saya sempat berdiskusi hal poligami dengan suami saya. Kalau misalkan saya beri kesempatan pada suami saya, dan saya izin kan dia menikah lagi dengan syarat perempuan yang dia nikahi harus saya yang cari. 

Tapi sampai hari ini suami saya masih angkat tangan dengan masalah poligami atau disebut  kawin lebih dari satu, karna dia sadar bahwa poligami itu berat berevek dengan anak, keluarga dan lingkungan sekitar. 

Saya kira kanun hukum keluarga mengatur dengan segala aspek, tidak hanya dengan poligami. Mulai dari segi agama, keuangan dan kesehatan. 

Poligami hanya persoalan kecil dalam kanun hukum keluarga.  



Editor: Muhammad