Beginilah Suasana Panen Hidroponik Ala Bhayangkari Cabang Majalengka

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Beginilah Suasana Panen Hidroponik Ala Bhayangkari Cabang Majalengka

July 6, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}


JOURNALNEWS | MAJALENGKA, -

Polres Majalengka, Bhayangkari Cabang Majalengka mempunyai kebun hidroponik. Ya, kebun sayur dengan sistem hidroponik bertingkat dengan memanfaatkan pipa paralon ini berapa di salah satu sudut asrama polisi (aspol), tepat di samping kantor Bhayangkari Cabang Majalengka.




Ketua Bhayangkari Cabang Majalengka Ny. Pujci Mariyono bersama pengurus Bhayangkari berkesempatan meninjau sekaligus panen perdana hasil pengembangan hidroponik “Kita manfaatkan lahan yang ada. Meskipun tidak terlalu luas, namun dengan hidroponik hasil panennya bisa berlipat” ujar Ny Pujci.





Dari pantauan, ada beberapa jenis sayur yang ditanam. Di antaranya sawi, kangkung, cabe, strawberry, kemangi, lobak dan seledri. Kebun hidroponik itu sendiri berada di area yang tak terlalu luas, kurang lebih 30 M2. Sayuran ditanam menggunakan pipa sebanyak delapan tingkat. Meski kecil, hasilnya bisa mencapai 3 kali lipat jika dibandingkan dengan menanam manual di tanah.





"Pengolahannya semua organik. Jadi, tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Biar lebih sehat jika dikonsumsi” jelas Ny. Pujci



Ke depan Bhayangkari akan mencoba mencari lahan yang lebih luas dan meminta kepada semua warga aspol untuk berperan aktif membudidayakan sayur secara mandiri dengan sistem hidroponik.


"Kita coba lebih kembangkan lagi. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika hasilnya melimpah, akan kami pasarkan dil uar. Tentu dengan kemasan yang lebih menarik sehingga dapat menambah pendapatan anggota,” pungkasnya. 



Laporan: wadira