Pemdes Astana Kec.Gunung Jati Realisasikan Dana Desa Tahap 1 Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Iklan atas Semua Halaman 970x250

Header Menu

Pemdes Astana Kec.Gunung Jati Realisasikan Dana Desa Tahap 1 Untuk Pemberdayaan Masyarakat

3 Juli 2019



Cirebon Kabupaten, Journal News.co.id.- Pemerintah Desa 
(Pemdes) Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Upaya pemdes Astana akhirnya terwujud yang sebelumnya telah   berusaha agar dana desa termin 1 secepatnya bisa keluar anggaranya sebelum lebaran atau hari raya idul fitri 1440 H di tahun 2019, Tentunya hal ini dapat segera terealisasikan yaitu sebagian untuk memberikan isentif dan honor kepada para  perangkat desa, rt. rw., BPD dan sekaligus termasuk pemberian THR.

Hal ini Sesuai Dengan Peraturan Bupati ( Perbub)  Bahwa dana Desa (DD) bisa untuk pemberian siltap kepala desa dan perangkat desa, karena dari anggaran dana desa (ADD) ada  kelebihan sedikit. 

Menurut kepala desa Astana, Nuril Anwar, ST.  Ketika di konfirmasi journal news, Kades Nuril  mengungkapkan bahwa dana desa (DD) tahap 1 ditahun 2019  sebagian besar diperuntukan untuk pemberdayaan masyarakat.Ujarnya  pada wartawan journal news, (2/7/2019).

Dijelaskanya, Kades Nuril Anwar S.T., 
Adapun dari pada itu,  bentuk pemberdayaan yang di laksanakan oleh pemdes astana terkait dana desa tahap satu yaitu sebagian untuk  pemberian honor guru ngaji, imam musholah, santunan anak yatim, honor guru paud dan juga lembaga-lembaga perangkat desa seperti Rt.dan Rw. Terangnya Kades Nuril Anwar  

Selain itu, Dana Desa (DD) tahap 1 juga telah  di gunakan untuk kegiatan kemasyarakatan yaitu termasuk juga untuk  pembentukan taman bermain anak - anak sekolah atau Paud yang berlokasi di desa tersebut, tepatnya di Rt. 01 dan Rw. 01.,  sebelah barat tempat  parkiran makam kramat Areal Gunung Jati. Paparnya 

Masih kata Kades Nuril, Dalam penggunaan dari Dana Desa tersebut, Masih banyak lagi yang telah di realisasikan pemdes Astana terkait dana desa (DD) tahap 1 yaitu untuk melestarikan budaya termasuknya adalah  Pembentukan sanggar tari topeng dan masih banyak lagi yang di programkan pemdes Astana kecamatan gunung jati kedepanya,  ucap kuwu desa astana "Nuril Anwar ST., kepada journal news 

Kepala Desa (Kades)  Astana, Nuril Anwar, ST. Berharap kepada pemerintah agar dana desa(DD) yang di terima Oleh pemdes astana dapat di tambah karena masih banyak kegiatan lainya,  walaupun wilayah tanah di desa astana sempit, tapi jumlah penduduknya padat.

Ia juga berpesan  kepada para perangkat desa astana agar jangan bermalas -malasan lagi karena sudah ada perubahan siltap yang lebih cukup, apalagi ada wacana gaji perangkat desa setara UMR dan setara PNS golongan II. Tandasnya Kades Nuril Anwar ST.

Laporan: Sana