Dinas PUTR Akan Rehab Ikon Tugu Garuda

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Dinas PUTR Akan Rehab Ikon Tugu Garuda

July 3, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}



Tulangbawang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), mengaku jika proses tahapan realisasi program pembangunan perehapan Tugu Garuda Icon Tulangbawang belum sama sekali dimulai oleh Pemkab setempat.

Kepala Dinas PUTR Tulangbawang, Puncak Setiawan, mengatakan jika mengenai realisasi proses tahapan program pembangunan Tugu Garuda Icon Tulangbawang pada tahun ini di yakini akan memakan waktu yang sangat panjang hingga akhir tahun.
Karena, pembangunan perehapan akan di lakukan secara total hingga 100 persen.

“Ditambah lagi jika Pembangunan terhadap Tugu Garuda Icon Kabupaten Tulangbawang yang berlokasi di pusat Kota Menggala ini akan banyak di lakukan perubahan dalam segi seni maupun ornamen bangunannya,” katanya Kamis (18/4).


 
Puncak menerangkan, akibat hal tersebut pihaknya harus terlebih dahulu melakukan koordinasi maupun tukar pendapat terlebih dahulu dengan tokoh adat khususnya adat istiadat Megou Pak Tulangbawang guna mendiskusikan hal tersebut.

“Jadi tidak bisa sembarangan di bangun begitu saja, apalagi rencananya akan ada perubahan tugu garuda dari yang sebelumnya, jadi harus kami diskusikan dulu untuk meminta masukan dengan lembaga adat apakah harus di rubah dengan kesenian yang baru atau akan di bangun kembali dengan bentuk yang memang sudah ada sejak 2013 lalu,” terangnya.

Oleh karena itu, Puncak menjelaskan hingga saat ini proses dan tahapan pembangunan Tugu Garuda Icon Kabupaten Tulangbawang tersebut belum selesai disiapkan bahkan belum di diskusikan dengan pihak terkait.

Puncak mengaku hingga saat ini mengenai proses tahapan lelang terhadap realisasi program pembangunan Tugu Garuda Icon Kabupaten Tulangbawang tersebut belum sama sekali di mulai oleh Pemkab setempat.

“Karena tahun ini bukan saja Tugu Garuda yang akan Kami bangun akan tetapi ada dua tugu perbatasan lagi yakni Tugu di Astra Kasetra , dan Simpang Penawar yang akan kami bangun bersamaan dengan Tugu Garuda ini sehingga total ada tiga Tugu,” jelasnya.

Puncak memastikan Tugu Garuda Icon Kabupaten Tulangbawang tersebut akan tetap dibangun di tahun ini juga mengingat anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk tahap awal pembangunan Tugu Garuda tersebut sudah di siapkan oleh Pemkab Tulangbawang.

“Hanya saja waktunya yang belum saat ini, tapi yakin saja meskipun tugu garuda itu sudah tua tetapi tidak mungkin rubuh karena dalam tubuh garuda itu ada besi yang kuat isinya jadi tidak mungkin rubuh kalau hanya rontok saja iya karena memang bangunya tidak layak tetapi kalau sampai rubuh tidak mungkin,” tandasnya. 

Laporan:(Riko)