KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN CIANJUR GELAR PENYULUHAN LEMBAGA ZAKAT

Iklan Semua Halaman

Header Menu

KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN CIANJUR GELAR PENYULUHAN LEMBAGA ZAKAT

July 9, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}



CIANJUR- JN- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur mengadakan kegiatan Sosialisasi Penyuluhan dalam Rangka Pembentukan UPZ (unit Pengumpul Zakat) Masjid besar kecamatan adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat di semua tingkatan dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani muzakki, yang berada pada  kelurahan, Kegiatan ini bertempat di Aula Gedung Da'wah Kementrian agama Kabupaten Cianjur. Selasa (09/07/2019)




Pembentukan UPZ (unit Pengumpul Zakat) adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Kantor kementerian agama kabupaten Cianjur melalui Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Cianjur di semua tingkatan dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani muzakki, yang berada pada  upz Masjid Besar Masing-Masing Kecamatan di kabupaten Cianjur. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Bupati Cianjur Yang diwakili Asda 2, dan turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Yang di Wakili H Abdul Rauf,  Ketua BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Cianjur, H Yosep Umar Sag.SH  Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Halim, Inspektorat kabupaten Cianjur dan Para Kepala KUA se-kabupaten Cianjur.




Sementara itu Asda 2 Menjelaskan dengan di bentuknya upz Masjid Besar Kecamatan Se-kabupaten Cianjur Menyambut dengan baik dan memberikan apresiasi kepada Baznas kabupaten Cianjur yang telah menggelar kegiatan Penyuluhan lembaga zakat, dengan Tujuan guna penyebarluasan informasi  mengenai pengumpulan dan pendistribusian zakat dan  mendorong serta memfasilitasi setiap masjid besar yang ada di Kecamatan se-kabupaten Cianjur, dengan upaya untuk meningkatkan target penerimaan dana zakat, infaq dan shodaqoh, di kabupaten Cianjur.

"Peran zakat, infaq, shodaqoh sangat besar, Maka sangat penting dibentuk UPZ agar zakat dan lain-lain bisa diberdayakan. Seandainya jamaah masjid maupun
orang-orang sekitar masjid ada yang kesulitan misalnya untuk biaya pengobatan, biaya sekolah, membantu korban bencana alam dan lain-lain bisa terbantu melalui hasil zakat, infaq, dan shodaqoh tadi. Maka masjid akan menjadi manfaat bagi seluruh masyarakat selain untuk beribadah" ujar Asda2.

Ketua Baznas Kabupaten Cianjur H. Yosep Umar Sag.MH menjelaskan bahwa ini adalah sebuah inisiatif yang sangat Cukup luar biasa dari kementerian agama kabupaten Cianjur dengan Pola bagaimana membangun peradaban baru tentang pengelolaan zakat dalam rangka pencapaian target yang sudah kita tetapkan kita mentargetkan di 28.342.163.250 (Dua puluh delapan miliar tiga ratus empat puluh dua juta seratus enam puluh tiga ribu dua ratus lima puluh rupiah) ini di apresiasi bagaimana UPZ masjid besar kecamatan bisa berperan aktif dalam pencapaian target tersebut.

Terutama bagaimana cara agar bisa memberikan kontribusi manfaat kepada masyarakat dilingkungan Madjid Besar tersebut.

Yosep, Menambahkan Kegiatan ini di selerasikan dengan saber pungli ini cukup luar biasa, artinya jangan sampai masyarakat ingin melakukan sebuah kebaikan justru salah ketika tidak mengidahkan regulasi tersebut.
jadi saber pungli, Baznas, dan kementerian agama kabupaten Cianjur berupaya memberikan sebuah pemahaman kepada  masyarakat terutama kepada komponen tokoh masyarakat yang ada di kabupaten Cianjur kita ikuti aturan main regulasi yang berlaku sehingga aman dalam pelaksanaan baik itu dalam pemungutan infaq, zakat dan  lain sebagainya karena ini betul-betul dilindungi undang-undang. 




dalam Upaya pembentukan UPZ masjid besar kecamatan se-kabupaten Cianjur  baru 16 masjid besar yang mempunyai potensi untuk di berdayakan ini akan disertakan dengan surat keterangan resmi guna kelancaran dan memberikan proteksi kepada para petugas UPZ dari hal hal yang menjeratnya atau tidak diinginkan, dan nanti 16 masjid besar kecamatan lagi sehingga 32 ini bisa terbentuk UPZ masjid besar kecamatan di kabupaten Cianjur. jelasnya.

fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

"Saya merasa senang dan  bangga atas kegiatan ini  dan saya bersyukur karna dengan ada terbentuknya UPZ.


Laporan: Budi P