Notification

×

Iklan

Iklan300x100

Bantu Ekonomi Desa Gilar Luncurkan Desa Mendunia

Tuesday, June 16, 2020 | 00:55 WIB Last Updated 2020-06-15T17:55:29Z

CIANJUR //-, Setelah sebelumnya meluncurkan program 1.000+ beasiswa kejar Paket dan program bantuan UMKM, bacalon Bupati yang akan diusung PKS, Gilar Budi Raharja kini meluncurkan program baru dinamakan Desa Mendunia.

Ini merupakan lanjutan rangkaian pengenalan dirinya kepada publik secara kreatif, kampanye 'smart'. Kali ini yang disasar adalah para pelaku usaha di pedesaan, yaitu sebuah platform display dan pemasaran produk desa diluncurkan akhir pekan lalu.

Gilar mengatakan, salah satu problem pelaku usaha di desa adalah pemasaran. Banyak masyarakat yang bisa buat kerajinan, industri rumah tangga, hasil kebun, tani, ternak dan sebagainya mengalami kesulitan ketika ingin memasarkan produknya. Seringkali, mereka merasakan kerugian akibat produknya tidak sempat diterima pasar, perputaran uang tidak terjadi. 

"Desa Mendunia hadir untuk sedikit menjadi solusi atas masalah ini", tambahnya. "Jadi ini adalah platform berbasis website dan aplikasi android yang masih dalam pengembangan. Nantinya akan memuat semua produk asli desa, untuk dibantu oleh tim pemasaran - diiklankan melalui social media berbayar, koran online dan juga acara event darat."

Kabar baiknya semua fasilitas ini gratis. Pemuda yang merupakan mentor komunitas bisnis di nusantara dan mancanegara ini melengkapi, bahwa selain gratis juga program ini didukung oleh 'support system' yang akan memberikan nilai tambah bagi para anggotanya.

"Jadi nanti ada pembelajarannya juga, misal cara pengemasan, branding produk dan lain-lain. Tapi yang paling penting produk mereka tersebar dulu awareness-nya." Saat ditanya kapan sarana ini akan benar-benar muncul dan mendunia, dirinya mengatakan dalam kurun 2 minggu ke depan akan segera selesai dan mulai 'mengudara'.

Tambahnya, "saat ini produk-produk awal sedang dijaring dan diinput satu persatu, harapan saya ada ribuan produk nanti masuk dengan berbagai kategori. Karena intinya produknya apa saja boleh masuk, kita iklankan, yang penting asli desa. Bukan buatan pabrik atau industri besar, gitu ya."

Selain itu GBR, sapaan singkatnya, juga mengatakan sarana ini adalah tester. Jika dirinya dipercaya oleh rakyat untuk memimpin Cianjur, tentunya akan dilanjutkan dan dibesarkan. "Iya, ini versi beta. Terbatas dari sisi fitur dan jumlah atau jangkauan". Imbuhnya lagi, "Semoga nanti masuk produk-produk unggulan yang benar-benar layak kita promokan ke pasar dunia, ya. Tentunya sekarang se-Cianjur dulu".

Program ini katanya, adalah hasil urun rembuk grup diskusi pemuda desa yang ingin bangun ekonomi desa. "Saya memang inisiasi diskusi bangun desa, ini salah satu hasilnya dan ke depan akan terus berkembang. insyaAllah." Gilar berharap pemuda desa lebih giat lagi hadirkan solusi untuk bangun desa secara mandiri.


Redaksi
×
Berita Terbaru Update