Notification

×

Iklan

Iklan300x100

Bupati Ciamis Berlakukan News Normal Dengan Kata AKB

Saturday, June 13, 2020 | 14:17 WIB Last Updated 2020-06-13T07:21:16Z


CIAMIS //- Kabupaten Ciamis mulai hari ini, Sabtu (13/6/2020), diberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), atau New Normal. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, DR., H. Herdiat Sunarya, M.M., saat memberikan sambutan pada kegiatan Lomba Liwet Pramuka di Area Sekretariat Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Ciamis.

"Memang sangat sulit untuk menyesuaikan kebiasaan baru yang harus dilakuan oleh masyarakat disetiap aktifitas kesehariannya, namun itu harus dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai COVID-19," kata Herdiat Sunarya.


Ia menjelaskan, saat ini tren COVID-19 di Indonesia ada kenaikan. Dari hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Jawa Barat, Jum'at (12/6/2020) Ciamis, bertahan di zona biru (moderat) atau level 2 kewaspadaan penanganann COVID-19 sehingga Ciamis, akan menerapkan AKB. 

Herdiat Sunarya, mengajak kepada pengurus Gerakan Pramuka untuk ikut serta membantu sosialisasikan AKB kepada masyarakat. 

"Mari kita bersama-sama sosialisasikan penerapan kebiasaan baru ini sampai kepada masyarakat, agar tumbuh keinginan dari diri sendiri untuk penerapan AKB jangan sampai dipaksakan," ucapnya.

Kalau sudah menjadi kesadaran atau kebutuhan seperti  menggunakan masker, cuci tangan, penerapan protokol kesehatan lainnya dan displin menerapkan physical distancing. 


"Saat ini, Ciamis masih ada 3 Kecamatan yang diberlakukan PSBB diantaranya Panjalu, Panumbangan, termasuk Kecamatan Ciamis, yang masih dalam situasi PSBB," jelasnya

Pandemi COVID-19 di Kabupaten Ciamis, belum berakhir, kita harus waspada.

Dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru, kita tidak boleh menutup diri, karena bagaimanapun masyarakat harus kreatif perekonomian tetap jalan. 

"Dimana masyarakat tetap beraktifitas laju perekonomian berjalan namun protokol kesehatan tetap dipatuhi," ujarnya.

Herdiat, juga menyampaikan terimakasih kepada Kwarcab Ciamis, yang terus berinovasi dalam melaksanakan aktifitas Gerakan Pramuka, paling tidak untuk terus menjalin silaturahmi dengan sesama pengurus Gerakan Pramuka melalui kegiatan Lomba Masak Nasi Liwet Pramuka.

"Atas kreasi dan inovasi mudah-mudahan jadi ajang silaturahmi terutama insan pramuka di Ciamis," tutur Herdiat.

Sementara itu Ketua Kwarcab Ciamis Nanang Permana, mengungkapkan kegiatan Lomba Nasi Liwet Pramuka ini dilakukan dalam momentum hari jadi Ciamis, juga sebagai sarana silaturahmi antar sesama pengurus pramuka.

"Biasanya peserta didik yang menjadi peserta dalam kegiatan lomba, berbeda untuk saat ini dilakukan oleh para pembinanya yang merupakan pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Ciamis"

Selain itu juga sebagai menyambut penerapan AKB, kita tetap kreatif melaksanakan aktifitas namun tetap mematuhi protokol kesehatan dan physical distancing disetiap kegiatannya.

Sebagai upaya penerapan physical distancing lomba ini dibagi menjadi 4 kloter yang dilaksanakan selama dua hari.

"Ada hadiah dari Kwarda, Mabida dan Kwarcab, untuk jurinya dilakukan oleh ahli masak di Ciamis," tutup Nanang Permana.


Laporan : Baehaki
×
Berita Terbaru Update