-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gunakan 2 Teleskop, Kemenag Kota Lhokseumawe Pantau Gerhana Matahari

Sunday, 21 June 2020 | 22:10 WIB Last Updated 2020-06-21T15:10:17Z

Lhokseumawe// - Tim Falkiyah Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe, melakukan pengamatan gerhana matahari, di depan halaman kantor setempat, Jalan Nyak Adam Kamil, No.1, Simpang Peut Kecamatan Banda Sakti, Minggu (21/6/2020).

Staf Rukyah dan hilal Kantor Kemenag Lhokseumawe, Muazir, M.SSy, mengatakan, Pengamatan kali ini menggunakan dua teleskop, salah satunya teleskop merek Optron G-R80, bantuan dari PT. Perta Arun Gas (PAG) beberapa waktu lalu.

"Kita tim falakiyah Kantor Kemenag Kota Lhokseumawe sedang melakukan pengamatan gerhana matahari sebagian atau GMS, lintasan gerhana matahari kali ini didaerah kita tidak penuh, lebih kurang sekitar 20 persen saja." Ujar Muazir.

Tambahnya, Awal kontak gerhana terjadi pada pukul, 13.18 wib, dan puncaknya pada pukul, 14.35 wib, sedangkan akhir kontak gerhana terjadi pada pukul, 15.42 wib.

"Lama terjadi gerhana di daerah kita selama 2 jam 24 menit, gerhana ini tidak penuh, ini hanya lintasan saja." Kata Muazir.

Muazir menambahkan, pengamatan gerhana matahari kali ini tidak dibuka untuk umum, karena mengingat protokol kesehatan, terkait covid 19.


"Kegiatan ini, kita tidak open publik, karena mengigat protokol kesehatan, dan anjuran pemerintah untuk tidak mengumpulkan orang banyak, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Kegiatan ini, kita lakukan hanya untuk lingkungan kita saja”, tutup Muazir.

Laporan : Sayful Tanlus
×
Berita Terbaru Update