Notification

×

Iklan

Iklan300x100

Kasus Sabu, Dua Terdakwa Divonis 1,3 Tahun Rehabilitasi PN Tanjung Balai

Friday, June 12, 2020 | 14:17 WIB Last Updated 2020-06-12T07:17:30Z
Sidang putusan kasus Narkotika jenis sabu dengan terdakwa Rudy alias Regar dan Surya Akhyar alias AR digelar secara video conference di ruang Cakra Pengadilan Negeri Tanjungbalai, Kamis (11/06/2020).

TANJUNGBALAI// - Kedua terdakwa kasus Narkotika Surya Akhyar alias AR dan Rudy alias Regar divonis selama 1 tahun 3 bulan hukuman penjara dan menjalani rehabilitasi medis di Loka Rehabilitasi BNN Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang. 

Putusan itu dibacakan Majelis Hakim yang diketuai Dr. Salomo Ginting pada persidangan yang di gelar melalui video conference di ruang Cakra PN Tanjungbalai, Kamis (11/06/2020), dan dihadiri kedua terdakwa bersama penasehat hukumnya serta pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Menjatuhkan pidana kepada kedua terdakwa masing-masing 1 tahun 3 bulan penjara. Dan memerintahkan para terdakwa dikeluarkan dari rumah tahanan negara sejak putusan ini dibacakan guna menjalani pengobatan melalui rehabilitasi medis di rehabilitasi BNN Deli Serdang selama sisa masa pidana yang dijatuhkan setelah dikurangi masa penangkapan dan penahanan," ungkap Ketua Majelis Hakim Salomo Ginting dalam putusannya.

Sementara itu barang bukti berupa, 1 set alat hisap/bong yang tersambung dengan 1 pipet kaca berisi narkotika jenis sabu dengan berat bersih 0,04 gram, dirampas untuk dimusnahkan.

Menurut hakim, kedua terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sesuai dakwaan lebih Subsider.
 
Menanggapi putusan itu, JPU Bram Manalu SH mengatakan sikap pikir-pikir, karena dalam persidangan sebelumnya menuntut kedua terdakwa masing-masing selama 3 tahun penjara. Sementara itu, kedua terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya Tekad Kawi SH menerima putusan tersebut.

Agar diketahui, kedua terdakwa ditangkap Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai di dalam kamar No. 114 Hotel Teresya Tanjungbalai di Jalan Jenderal Sudirman, Km 6, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019 lalu.

Dari kedua terdakwa diamankan barang bukti berupa, 1 set alat hisap/bong yang tersambung dengan 1 pipet kaca berisi narkotika jenis sabu dengan berat bersih 0,04 gram.

Dan dari hasil pengembangan petugas, polisi berhasil mengamankan amplop berisikan 1 klip plastik yang didalamnya berisi serbuk ekstasi berwarna biru seberat 7,40 gram dari dalam rumah terdakwa Surya Akhyar alias AR di Jalan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung, Tanjung Balai, bahkan kaki Surya Akhyar terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas karena mencoba melarikan diri dalam pengembangan tersebut.

S.E Sitorus
×
Berita Terbaru Update