-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lanjut Rapat Ke-3 Di Kecamatan Rantau Dan Seruway Harus Mampu Meningkatkan Ekonami Masyarakat

Thursday, 18 June 2020 | 22:37 WIB Last Updated 2020-06-18T15:37:24Z

Aceh Tamiang //- Tugas Datok Penghulu amatlah berat, selain harus mensejahterakan warganya, Para Datok harus mampu melihat peluang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat baik dari segi pertanian, perikanan, perdagangan dan lainnya, demikian disampaikan Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn dalam Agenda Rapat Rutin Pemerintah Kampung pada dua Kecamatan yakni Rantau dan Seruway, pada Kamis (18/06/20).

Rapat Rutin Pemerintah Kampung pada kedua kecamatan ini, merupakan kunjungan hari ketiga Bupati Mursil dan segenap kepala OPD dalam lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang, yang dipusatkan di Halaman Kantor Camat Rantau, setelah sebelumnya melakukan kegiatan panen bawang dan tanam padi serentak.

Bupati Mursil dihadapan para Datok dan Mukim Kampung mengatakan sebagai pemimpin yang menjalankan fungsi roda pemerintahan tingkat kampung, kepekaan terhadap situasi dan kondisi negara dan wilayah pemerintahannya harus dimiliki oleh Datok beserta perangkat lainnya. Meningkatnya kesejahteraan warga dari segala sektor yang ada sangat mempengaruhi kemajuan kampung.

“Ditengah Pandemi Covid-19 ini, Datok harus bisa baca peluang, apa yang bisa dibudidayakan. Sebagai contoh seperti budidaya bawang di Kecamatan Banda Mulia yang dilakukan oleh Masyarakat disana”, tutur Mursil memberikan contoh.

“Mari berpikir kritis dengan memunculkan ide-ide dan inovasi dengan tujuan meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat”, serunya lagi.

Masih dengan menceritakan contoh tersebut sebagai motivasi, Mursil kemudian mengatakan bahwa bertani bawang merupakan suatu peluang bisnis yang menjanjikan apabila dikelola dengan benar. Bahkan, katanya tidak saja harus bawang, bertani ataupun berkebun dengan varietas tanaman apa saja jika ditekuni dengan sungguh-sungguh maka akan mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar.

“Jadi, jika dikampung telah terjadi peningkatan ekonomi, maka tidak akan ada lagi masyarakat yang menerima bantuan sosial, karena semua sudah mapan ekonominya”, ujarnya.


Usai menyampaikan sepatah dua patah sambutan, Mursil mempersilahkan para Datok dan Kepala Mukim untuk menyampaikan berbagai keluhan yang terjadi diwilayah pemerintahan kampung masing-masing. Tampak Dialog tersebut berjalan hangat dan semua pertanyaan langsung di jawab oleh Bupati Mursil dengan solusi yang diberikan oleh Kepala Instansi terkait.

“Kedepan semua saran dan keluhan para Datok akan segera terpenuhi dan diselesaikan sebaik-baiknya. Terkait kendala-kendala yang terjadi di kampung, terutama masalah infrastruktur ada yang bisa segera ditanggulangi dan ada juga yang mungkin harus menunggu karena Pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini. Kita Do’akan kedepan semuanya bisa terpenuhi”, tutup Mursil mengakhiri.

Laporan : Andri
×
Berita Terbaru Update