Notification

×

Iklan

Iklan300x100

Masyarakat Cikancana Bersihkan Batuan Karat Tebing Penyumbat Saluran Irigasi

Saturday, June 13, 2020 | 16:42 WIB Last Updated 2020-06-13T09:42:20Z
Diinisiasi dan dipimpin langsung oleh Kades Cikancana, masyarakat pun bersemangat bergotong royong membelah serta menyingkirkan material batu karat tebing yang menutupi saluran irigasi.

CIANJUR //- Kondisi saluran irigasi yang berlokasi di Kampung Rawa Samih RT. 03/06, sempat tertutup oleh material bebatuan yang berjatuhan dari tebing lima hari lalu, dibersihkan secara gotong royong oleh masyarakat Desa Cikancana, Kemacatan Sukaresmi.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Cikancana yang mengerahkan 41 RT, dari 10 ke-RWan.

"Sebagian lagi, masarakat membantu membersih kan aliran irigasi," ujar Kepala Desa (Kades) Cikancana, Nanang, Sabtu (13/06/2020).

Didampingi Iwan selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Cikancana, Nanang menjelaskan, pihak desa memang memfokuskan kegiatan pembersihan material bebatuan tersebut untuk kelancaran sistem pengairan.

"Mayoritas masyarakat kami memang petani. Jadi keberadaan saluran irigasi ini sangat penting," katanya.

Sebagai Kades, Nanang merasa bangga melihat masyarakat Cikancana sangat bersemangat dalam bergotong royong untuk membersihkan aliran irigasi. Jarak yang cukup jauh dari pemukiman warga pun tidak jadi persoalan.

"Alhamdulillah, untuk membelah batu dengan pahatnya tidak terlalu sulit karena bebatuannya berupa karat tebing. Bukan batuan jenis keras," tandas Nanang. (Rafli/Rupen).
×
Berita Terbaru Update