Notification

×

Iklan

Iklan300x100

Petani Desa Sibubut Persiapkan Percepatan Olah Tanah dan Tanam Padi

Monday, June 15, 2020 | 21:03 WIB Last Updated 2020-06-15T14:03:46Z

CIREBON //- Gabungan kelompok tani Sri Unggul Jaya Desa Sibubut Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon berupaya melakukan percepatan olah tanah dan tanam padi secara rentak petani desa sibubut bergotong royong melakukan kegiatan kerja bhakti dengan melakukan pembersihan saluran sungai hingga percepatan sebar benih padi semaian akan dipercepat di desa setempat, kegiatan tersebut turut didampingi Kepala UPTD Pertanian Kec. Gegesik H. Naskum dan Ketua Gapoktan Sri Unggul Jaya sdra. Nahdudin, SH, PAPRJJ dan Penyuluh juga dihadiri Kepala desa sibubut Bpk. Abidin, yang terjun langsung kelokasi pesawahan para petani" Senin (15/06/2020).

Ketua Gapoktan Desa Sibubut Nahdudin, SH, mengatakan kelompoknya akan melakukan percepatan olah tanah dan tanam padi atau semaian yang akan ditargetkan pada tanggal 20 juni 2020 harus sudah selesai semai sebar benih padi, agar percepatan tanam cepat dilaksanakan bagi seluruh kelompok tani khususnya Petani Desa sibubut yang sesuai dengan hasil kesepakatan bersama melalui musyawarah antara pemerintah desa sibubut dengan Gapoktan dan Kepala UPTD Pertanian, PAPRJJ dan Petugas penyuluh, supaya bisa cepat tanam, untuk mengadapi musim kemarau tahun ini yang diperkirakan terjadi kemarau panjang" jelasnya.


Sementara itu, Kepala UPTD Kec. Gegesik H. Naskum menyampaiakan" bahwa kami akan terus mendukung para Gapoktan di wilayah kecamatan gegesik khususnya, agar masa tanam semaian padi dipercepat, sebab dari segi waktu dan tenaga lebih efesien secepatnya dilaksanakan olah tanah dan tanam padi, supaya hasilnya lebih meningkat maka kami harapkan para petani di wilayah ini terus kompak dan bergotong royong dalam melaksanakan percepatan olah tanah dan tanam padi segera" maka dengan melalui kegiatan gotong royong ini dalam membersihkan aliran air sungai agar bisa mengalir ke pesawahan milik para petani itu butuh kerja sama yang baik dan lebih kompak lagi" ucapnya.

H. Naskun menambahkan, semoga para petani di wilayah kec gegesik khususnya, harus serempak melaksanakan percepatan olah tanah maupun semaian tanam padi agar selesai di tanggal 20 juni 2020 kedepan, harus selesai semai padi sebar benih, walaupun untuk pelaksanaan,Percepatan oleh tanah dsn tanam padi dilakukan bertahap dari mulai pembersihan saluran air, olah tanah dan sebar benih padi hingga masa tanam, ini juga menjadi strategi pembagian air tetap Optimal sesuai kebutuhan pesawahan milik para petani setempat, semoga dengan gerakan percepatan olah tanah dan tanam padi ini dapat menghindari ancaman kekurangan air di musim kemarau serta dapat menjaga ketahanan pangan dan mendukung target esxport pemerintah" jelasnya



Laporan: Jaeni ( Bangjek)
×
Berita Terbaru Update