-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Seperti ini BUMDes yang diharapkan Gilar di Cianjur Baru

Saturday, 20 June 2020 | 20:24 WIB Last Updated 2020-06-20T13:24:19Z

CIANJUR//- Puluhan perwakilan pengurus BUMDes dari 7 kecamatan di Cianjur kawasan timur, yaitu Bojongpicung, Haurwangi, Ciranjang, Mande, Sukaluyu, Karangtengah dan Cikalongkulon berkumpul di salah satu pondok pesantren di Selajambe, Sukaluyu.

Para pengurus BUMDes ini hadir dalam rangka mendapatkan edukasi pola pengembangan ekonomi rakyat desa yang diberikan oleh Lembaga Ekonomi Umat - MUI. Hadir dalam kesempatan tersebut, Gilar Budi Raharja (GBR), bacalon Bupati Cianjur yang mengusung branding sebagai Pemuda Desa yang berkomitmen membangun Cianjur dari Desa.

Di depan semua yang hadir, GBR berbicara tentang perlunya terobosan bagi pergerakan ekonomi desa guna melawan raksasa ekonomi nusantara dan kapitalis. Seperti merajalelanya mini market yang pendiriannya tidak mengindahkan tergerusnya warung-warung kecil dan juga pasar tradisional.

Gilar berharap BUMDes hadir menjadi penyelamat bagi pertumbuhan ekonomi desa, oleh karena itu pedesaan harus upgrade diri. Mulai dari SDMnya yang menjadi pengelola BUMDes, harus ada pelatihan dan pendampingan. "Berbisnis itu, harus ada komunitas, kurikulum dan mentornya, tanpa ada itu sulit berkembang di tengah persaingan", tambahnya.

Di depan forum, pemuda yang punya bisnis di Korea ini mengatakan, ke depan BUMDes harus punya misi untuk hadirkan produk-produk desa yang akhirnya masyarakat bisa beralih dari produk-produk pabrik besar milik asing, ke produk rakyat desa sendiri. "Tentu harus berkualitas dan sistem distribusi harus dikuasai", Gilar melengkapi.

Anak muda yang aktif membina beberapa projek bisnis milenial ini berharap di Cianjur yang Baru dengan pemimpin baru, BUMDes tidak dibiarkan berjuang sendiri, Pemda harus hadir untuk mendorong peningkatan kualitas BUMDes. "BUMDes di Cianjur harus didukung ekosistem bisnis desa yang canggih. Sesusai tuntutan zaman dan ini menjadi komitmen jika saya dipercaya masyarakat memimpin Cianjur", tutupnya kepada redaksi.

Redaksi
×
Berita Terbaru Update