-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Siasati Dampak Masa Pendemi Covid-19, Penyuluh Ajak Petani Desa Pegagan Lor Laksanakan Percepatan Tanam Padi

Saturday, 20 June 2020 | 17:05 WIB Last Updated 2020-06-20T10:05:57Z

Cirebon //- Dalam menyiasati dampak masa pendemi covid-19, agar hasil panen para petani pedesaan dengan hasil yang melimpah maka petugas penyuluh pertanian khususnya di wilayah desa harus berupaya berperan aktif menysosialisasikan kepada para petani di  desa. Seperti yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Desa pegagan lor kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, Sdra. Sanaji, SP. Terjun langsung ke pesawahan guna  mendampingi para petani dalam melakukan percepatan tanam padi atau semaian masa tanam padi.

Sejalan dedengan pernyataan Menteri Pertanian bahwasahnya dalam beberapa kesempatan menyampaikan sektor pertanian menjadi harapan, tulang punggung ditengah upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, 
Sanaji, SP., Kini  mampu memotivasi inovasi para petani untuk melakukan secara rentak percepatan  semaian sehingga masa tanam padi ini cepat dilaksanakan dimasa tanam tahun ini dalam mendukung program exsport Pemerintah pusat agar hasil panen padi para petani lebih melimpah dan maju, mandiri, serta meningkat ditahun ini terutama dalam mensiasati selama masa pendemi maupun pasca Covid-19.


Nampak kunjungan langsung kelapangan pesawahan dilakukan rutin petugas penyuluh pertanian desa pegagan lor dihari Luxury yakni dari kelompok Tani Manunggal Jaya dengan luas 25 Hektar dan Kelompok Tani Telogo Joyo dengan luas 31 Hektar diwilayah Desa Pegagan lor dengan luas hamparan seluruhnya sekitar 416 Hektar dari semua Kelompok Tani Padi di pesawahan Desa pegagan lor, Kec. kapetakan" Sabtu (20/06/2020).

Dalam kesempatan tersebut Penyuluh pertanian Wilayah Kecamatan Kapetakan penyuluh pertanian desa pegagan lor Sanaji, SP., menyampaikan dan mengingatkan kepada para kelompok tani desa pegagan lor khususnya, yakni agar persemaian tanaman padi ini harus rutin diamati dan  mewaspadai dari penerbangan hama kupu-kupu yang kemungkinan bisa bertelor didaun pesemaian tanaman padi yang akan berpotensi menjadi hama penggerak ketika telor menetas, serta Berikan obat dasar untuk pencegahan dari hama penggerak dalam pesemaian dan petani harus bisa berupaya upayakan pembibitan  untuk bisa pindah kelahan bibit umur muda yaitu sekitar umur (20-25) Hari, supaya percepatan masa tanam padi ini bisa segera  ditanam lebih cepat" ujarnya.

Sanaji menambahkan" dengan harapan para kelompok Tani di Desa pegagan lor bisa panen lebih bagus dengan hasil meningkat sehingga para petani di desa pegagan lor ini lebih sejahterah pada masa tanam Gagu tahun 2020 ini" jelasnya Sanaji, SP.



Laporan: Wadira
×
Berita Terbaru Update