-->

Notification

×

Berbagai Lukisan Bakar Karya Pemuda, Dipamerkan di Aula Kantor Desa Pegagan Kidul Kec.Kapetakan

Sunday, 26 July 2020 | 10:33 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

CIREBON //- Berbagai Seni Lukis hasil karya para pemuda desa pegagan kidul dipamerkan di Aula Kantor Desa pegagan kidul, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (25/07/2020) malam.

Adapun jenis hasil karya seni tersebut yakni berupa lukisan bakar Pyrography ala Bang Saleem ART dan Lampu Hias Ornamen perabot rumah tangga Cantik hasil karya Bang Soim.
Nampak dipamerkan yang didukung oleh Pj. Kuwu Desa pegagan kidul H. Suryana didampingi Ketua Karang Taruna Sinar Jati Sdr. Zaenal Mutakim, Serta Bhabinkamtibmas desa pegagan kidul Anggota Polsek Kapetakan Polres Cirebon Kota Aipda Moh.Carmo hadir ditengah warga binaan guna menyampaikan pesan Kamtibmas.


Saleem (29) dan Hasan (40) warga desa pegagan kidul mengaku menekuni seni lukis dengan cara yang unik, yakni dibakar hampir 9 tahun.

Saleem juga mengaku bahwa ia mendapatkan Inspirasi setelah sering berselancar melihat Youtub maupun Medsos, ujarnya

Lanjutnya, Saleem mengatakan, Hasil Karyanya itu dinamakan dengan sebutan Bang Saleem ART "Lukis Bakar Pyrography", yang teknik melukis menggunakan alat khusus berupa Pena yang keluar Api atau yang biasa disebut Solder.

Memang ada alat khusus dengan menggunakan mesin, namun untuk sementara ia menggunakan solder listrik, karena belum memiliki alat mesin khusus lainya.


Adapun Obyek yang sering kami lukis adalah Kaligrafi dan Wajah orang. Untuk harga tiap lukisan yang kami buat ini Kita sesuaikan dengan Ukuran dan Tingkat kesulitan membuatnya, walaupun lukis bakar ini kita buat dengan media yang kami pakai yakni, papan triplek dan kayu serta juga  selama ini kami hanya menggunakan lis yang banyak di tokoh matrial akan tetapi pesanan atau permintaan pembeli cukup banyak dari dalam negri, bahkan pesanan lukis bakar ini sudah sampai ke luar negri seperti pesanan orang dari negara Malaysia, Taiwan dan Korea.

Hasil lukisanya itu berfariatif dengan bentuk Kaligrafi, Wayang, Wajah Manusia, Juga bentuk lainya sesuai dengan Pemesanan pembeli.

Untuk menghasilkan satu lukisan rata rata memakan waktu  minimalnya satu hari hingga satu minggu, itupun tergantung tingkat kesulitanya. Katanya.

Saleem menambahkan, bahwa untuk pemesanan kami baru lewat Online dan Medsos. Selain itu juga Salim berharap agar kedepanya lebih ada dorongan atau dukungan dari pihak terkait untuk bisa membantu permodalan maupun fasilitas fasilitas yang kami butuhkan yakni seprti adanya tempat galery pameran lukis maupun hasil karya pemuda lainya untuk bersatu bersama mengembangkan karya karya seni lainya, tukas Bang Saleem ART.

Ditempat yang sama, Ketua Pemuda Karang Taruna SINAR JATI Desa pegagan Kidul Zaenal Mustakim mengatakan, walaupun masih secara  Individual para pemuda khususnya pemuda desa pegagan kidul ini maka dengan adanya wadah kepemudaan Karang Taruna dan kami selaku ketuanya siap untuk mempasilitasi setiap hasil karya karya seni pemuda desa pegagan kidul. Akan kami bantu pembuatan galery untuk menunjang secara ekonimis pemasaranya di dalam negri maupun kepasaran manca negara, akan tetapi harus sesuai dengan hasil kesepakatan bersama. Walaupun kami ini masih merintis secara Mandiri tapi ini karya pemuda sangat unik dan luar biasa," ujarnya.

Selain itu, juga harapan kami kedepanya akan siap menjembatani khususnya bagi para pemuda yang notabenya menghasilkan karya karya seni dan mempunyai pola pikir positif lainya, akan kami sediakan fasilitas Tempat atau wadah seperti rumah galery seni yang akan kita pamerkan melalui era digital maupun tradisional untuk masyarakat luas.

"Khususnya bagi para pemuda pemudi warga desa pegagan kidul yang mempunyai jiwa bakat seni apapun lainya mari kita kumpul bersama untuk menjalin tali silaturahmi antar pemuda dalam berkreasi mewujudkan kekompakan dan solidaritas bersama sama antar pemuda" katanya.

Ditmbahkankanya, bagi yang ingin bertanya mengenai informasi pemesanan seni lukis bakar maupun ornamen lampu hias cantik, silahkan bisa datang ke balai desa pegagan kidul atau bisa hubungi langsung Karang Taruna Sinar Jati desa pegagan kidul.

Kami berpesan untuk para pemuda pecinta seni di wilayah desa pegagan kidul khususnya agar jangan cepat puas diri, tetapi harus tetap semangat untuk terus berkereasi lebih unik dan maju lagi agar kelak kedepanya lebih baik dan bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun bermanfaat bagi orang lain" tambahnya Zaenal Mutakim.


Laporan: Wadira

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update