-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

HBA ke-60, Kejari Indramayu Ungkap Pencapaian Kinerja

Thursday, 23 July 2020 | 13:13 WIB Last Updated 2020-07-23T08:24:04Z

INDRAMAYU//- Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-60, Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu memaparkan beberapa pencapaian kinerjanya selama 1 tahun terakhir. Kegiatan tersebut dilakukan di aula Kejari Indramayu, Rabu (22/07/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Indramayu, Douglas P. Nainggolan menjelaskan beberapa pencapaian kinerja Kejari Indramayu dari berbagai bidang diantaranya Pidana Khusus (Pidsus), Pidana Umum (Pidum), Intelegent, serta bidang Perdata & Tata Usaha Negara (Datun).

"Dalam penanganan tindak pidana umum periode Januari - Juli 2020, kita telah menangani perkara pidum yang di dominasi oleh pencurian, baik itu dengan pemberatan maupun kekerasan," katanya.

"Sementara hasil yang diperoleh dari perkara tilang, sudah kita setorkan kepada negara sebesar 3,3 milyar rupiah di tahun 2019, biaya perkara kurang lebih 56 juta rupiah, lalu untuk tahun 2020 sementara ini kami memperoleh kurang lebih sekitar 800 juta," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa,  dibidang intelegent telah melaksanakan pengamanan yang beberapa dianggap penting & sosialisasi penyadaran hukum kepada masyarakat.

"Seperti jaksa masuk sekolah dan juga dialog interaktif di salah satu radio dengan tema jaksa menyapa," lanjut Douglas.

Selain itu, Douglas juga mengungkapkan bahwa  bidang pidsus kejari Indramayu telah melakukan penanganan  penyidikan, penuntutan & dituntaskan dengan kegiatan eksekusi yang telah berkekuatan hukum tetap sebagai strategi penanganan perkara.

"Saya sudah menangani surat perintah penyidikan terhadap dinas budaya & pariwisata Indramayu. Selain itu, kita juga telah menyidangkan beberapa perkara yang telah inkracht, antara lain tindak pidana korupsi (Tipikor)  penyalahgunaan alokasi dana desa dari bantuan provinsi & pajak retribusi yang dilakukan oleh tersangka inisial DW, kita juga melakukan penuntutan tipikor program prona tahun 2016, terakhir kami juga menyidangkan & memutus perkara dana desa Cibereng dengan tersangka SM," ungkapnya.

Dikatakan Douglas, sejauh ini bidang pidsus telah berhasil menyelamatkam keuangan negara sebanyak Rp. 249.968.000,-.

Sedangkan untuk bidang datun, sejauh ini sudah memberikan pelayanan & pendampingan hukum dengan melaksanakan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama 9 instansi dan pemulihan keuangan datun sebesar 400 juta lebih.

"Sembilan instansi yang melakukan MoU dengan bidang datun adalah kantor BPJS cabang Cirebon, PT. Nasional Mardani cabang Subang, Pt. Pertamina, bulok Indramayu, perhutani, KPU Indramayu, BPJS Indramayu, komite nasional Indonesia serta melakukan pendampingan hukum refocusing anggaran percepatan penanganan Covid-19," paparnya. (Nr
×
Berita Terbaru Update