-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kementerian Kelautan dan Perikanan Siapkan Muara Enim Sebagai Pionir Pengembangan Perikanan Air Tawar Terdepan di Sumatera Selatan

Tuesday, 28 July 2020 | 10:29 WIB Last Updated 2020-07-28T03:29:47Z

MUARA ENIM //-Demi meningkatkan potensi budidaya perikanan daerah, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI) di Jakarta. Senin (27/07).

Tim yang dipimpin oleh Plt. Bupati H. Juarsah, S.H., dengan didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, S.E., ini diterima langsung oleh Menteri KKP-RI, Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A di Gedung Mina Bahari IV Lantai 16, kantor pusat KKP-RI, Jakarta Pusat. Senin (27/07).


Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pembangunan perikanan yang berkelanjutan di Kabupaten Muara Enim dan rencana menjadikan Bumi Serasan Sekundang sebagai pionir pengembangan perikanan air tawar di Sumatera Selatan.

Dalam arahannya, menteri KKP Edhy Prabowo yang juga kelahiran Tanjung Enim ini, sangat mendukung pengembangan potensi perikanan di Kabupaten Muara Enim, terutama jika dipadukan dengan pengembangan konsep pariwisata kerakyatan yang sedang digalakkan Kabupaten Muara Enim. Dirinya mengaku paham betul dengan potensi yang ada di tanah kelahirannya tersebut, terutama di Kecamatan Panang Enim dengan Air Terjun Curup Tenang dan Kecamatan Muara Belida dengan Sungai Musinya yang menurutnya sangat cocok dikembangkan sebagai Kampung Perikanan, khususnya budidaya perikanan air tawar." Ujarnya


Ditambahkan pula, Menteri alumni SMA Negeri 1 Muara Enim ini juga bertekad akan mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Muara Enim terutama dibidang perikanan. Menurutnya meskipun Muara Enim tidak memiliki wilayah laut, namun di sektor perikanan air tawar, Kabupaten Muara Enim dinilai sangat unggul dan memiliki banyak Potensi.

"Paling tidak produksi perikanan air tawar Kabupaten Muara Enim saat ini sudah diatas 10 ribu ton pertahun sehingga pantas dijadikan sebagai pionir budidaya perikanan air tawar terdepan di Provinsi Sumatera Selatan" Paparnya.

Menanggapi hal tersebut Plt. Bupati Muara Enim H.Juarsah.SH mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Menteri KKP-RI. Dirinya menyampaikan bahwa peningkatan budidaya perikanan merupakan bagian dari program kerjanya demi mencapai visi Kabupaten Muara Enim #Merakyat MuaraEnim Untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera. 

"Untuk itu Pemkab. Muara Enim telah mengonsep Balai Benih Ikan Talang Pangeran di Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim sebagai pusat eduwisata sekaligus sentra produksi induk ikan mas dan ikan nila di Kabupaten Muara Enim dan menjadikan Kecamatan Muara Belida sebagai pusat penelitian, pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran perikanan air tawar. 

"Dengan demikian, Kabupaten Muara Enim tidak hanya dikenal unggul sebagai lumbung energi dan pangan saja, namun juga pionir dan terdepan dalam swasembada produksi perikanan" Ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perikanan Pemkab. Muara Enim, Ir. H. Teguh Sumitro, S.E. M.M., mengharapkan agar KKP-RI dapat membantu pemenuhan kebutuhan penyuluh perikanan, baik ASN maupun penyuluh perikanan bantu (PBB) yang dirasa masih sedikit di Kabupaten Muara Enim. Diharapkan pula, KKP-RI dapat membantu pengadaan bibit ikan bagi nelayan di Kampung Perikanan Kecamatan Muara Belida. 

Turut hadir pula Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP-RI dan staf ahli serta para kepala dinas/instansi terkait Pemkab. Muara Enim Kaban Balitbangda Ir.Tarmizi Ismail beserta kepala OPD lainnya.


Laporan :  (Endi)
×
Berita Terbaru Update