-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

"New Normal Baru Desa" Bangkitkan Produktivitas Ekonomi Desa

Thursday, 2 July 2020 | 17:42 WIB Last Updated 2020-07-02T10:42:46Z

SUBANG //- Inovasi penggunaan dana desa menjadi bantalan ekonomi bagi golongan terbawah desa pada masa pandemi Covid-19 telah mencapai 94% desa yang meliputi 7,5 juta keluarga miskin dan terdampak pandemi, termasuk di dalamnya 6,6 juta petani dan buruh tani, 2 juta perempuan kepala keluarga (Pekka), serta 283 ribu penderita penyakit kronis.

Saat ini dinamika desa dituntut berlanjut menuju fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)/normal baru.
Optimisme Kementerian Desa PDTT akan hal ini diharapkan mampu memicu pergerakan rebound/bangkitnya ekonomi desa pada masa AKB pandemi Covid-19 di tingkat desa.


Karena itu, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar (Gus Menteri), dihadapan wartawan melalui Vidcon pada Kamis (02/07/2020) menyampaikan beberapa hal terkait protokol kegiatan normal baru desa yang perlu dipahami dan dilaksanakan oleh pemerintahan desa dan warganya.

Protokol normal baru desa mencakup teknis jaring pengaman bagi keluarga miskin terdampak Covid-19 di desa melalui adaptasi peradaban ekonomi modern, dengan menyediakan gudang dan cool storage untuk menunjang ketahanan bahan pangan warga desa.
Selain itu program padat karya desa bidang produksi dan usaha pertanian serta pemeliharaan alat pertaniannya harus terus ditingkatkan, ditunjang dengan adaptasi pemasaran secara daring/online, yang diharapkan jadi momentum kebangkitan ekonomi desa pada bidang wisata desa, produk pertanian, pemasaran online dan permodalan Bumdes.


"Protokol normal baru desa ini bertujuan agar warga desa dapat produktif namun aman dari Covid-19 dan perekonomian desa bangkit kembali," ungkap Gus Menteri.

"Perlu diingatkan, bagi warga yang sedang sakit agar tidak keluar rumah dan berparisipasi aktif melaksanakan protokol kesehatan terkait Covid-19 di fase new normal desa ini," lanjutnya.

Gus Menteri juga menegaskan pemerintahan desa agar dapat memberi perhatian khusus terkait pola new normal desa di fasilitas publik seperti pasar, tempat ibadah, tempat wisata dan lainnya sesuai protokol kesehatan yang berlaku.


Laporan: Aahamzah
×
Berita Terbaru Update