-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemulihan Ekonomi Koperasi dan UMKM, Ini Program Terbaru Dikucurkan Diskoperindag Cianjur

Friday, 24 July 2020 | 16:34 WIB Last Updated 2020-07-24T09:34:24Z

CIANJUR //- Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, kini sedang menggeber program pemulihan ekonomi untuk koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu, bedasarkan hasil 'Goggle Form', yang disebar fokus ketiga permasalahan yaitu SDM pemasaran dan permodalan. 

Kepala Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra mengatakan,  UMKM di Kabupaten cianjur, ada sebanyak 50.433. Terdiri dari usaha mikro 38.910 usaha kecil 11.423 usaha menengah 100.

"Program dalam rangka recovery UMKM, berupa pelatihan bagi 400 UMKM. Itu dianggaran perubahan," jelasnya, saat dihubungi melalui via WhatsApp (WA), Jumat (24/7/2020).

Tohari memaparkan, untuk bantuan dari Kementerian Koperasi (Kemenkop), yaitu berupa relaksasi kredit KUR dan LPDB dan pembebasan pajak.

Kini, masih sambung Kadis Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, sudah mengkonsep program pemulihan ekonomi bagi koperasi dan UMKM, bedasarkan hasil 'Goggle Form', yang disebar fokus ketiga permasalahan yaitu SDM pemasaran dan permodalan. 

"Kami apresiasi kepada pak Bupati Cianjur, yang telah mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) UMKM," ujar Tohari, dan alhamdulillah sudah disahkan Perda Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

Selain itu, bupati juga mengeluarkan surat edaran mengenai gerakan mencintai produk UMKM, made in Cianjur, bagi masyarakat dan ASN serta surat edaran tentang kewajiban hotel restoran, supermarket dan minimarket, ritel.

"Agar menyediakan space atau ruang untuk UMKM sekitar 20 persen," terangnya Kepala Diskoperindag Cianjur, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Diskoperdagin Cianjur Indra Sunggara.

Terakhir, Tohari menyampaikan, yang sudah dilaksanakan diantaranya pelatihan dan uji kompetensi. Itu bagi UMKM dari Kementerian Koperasi (Kemenkop), pelatihan kemasan bagi UMKM dari diskuk Jawa Barar, dalam rangka peningkatan SDM.

Masih sambunganya, selain itu dari Diskoperdagin Cianjur, telah membuat e-catalog dalam rangka membantu pamasaran yang bernana Sistem Informasi Pemasaran Produk UMKM Untuk (Simpul).

"Ya, berharap dan mudah-mudahan bisa membantu secara kontinyu," pungkasnya.(Myd)
×
Berita Terbaru Update