Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pers Sukabumi Ngahiji Deklarasi, Gerbongi Wadah Jurnalis di Sukabumi

Rabu, 22 Juli 2020 | 22:32 WIB Last Updated 2020-07-22T15:32:23Z

SUKABUMI //- Pers Sukabumi Ngahiji (PSN) mendeklarasikan wadah untuk gerbongi para jurnalis, menyatakan tekad, untuk menjadi organisasi berlevel tingkat nasional, di Grand Inna Samudera Beach Hotel, Palabuhanratu, Rabu (22/7/2020).

Acara deklarasi tersebut, dihadiri ratusan anggota PSN dan para pejabat daerah, anggota DPRD, aktivis, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. 

Ketua Umum Pers Sukabumi Ngahiji (PSN), Iwan Sugiyanto mengatakan, ada tahap awal, PSN akan memfokuskan kiprah dan pengabdian di Sukabumi. Baik kota maupun kabupaten. 

"Nah, selanjutnya setahap demi setahap menjadi organisasi nasional yang cabangnya terdapat di setiap daerah," katanya.

Organisasi ini, terang Iwan, itu didirikan berdasarkan prinsip-prinsip kebebasan berkumpul dan berserikat, bahkan dijamin oleh Undang-Undang Dasar (UUD). Harapan, untuk ke depannya PSN bisa menjadi organisasi berlevel nasional.

Ia memaparkan, sebagai organisasi jurnalis, PSN telah berumur lebih dari empat bulan. Hanya untuk deklarasinya menunggu waktu pas dan tepat, mengingat kondisi sosial di Indonesia yang saat ini sedang dilanda masa pendemi Covid-19. 

"Saya mengajak jajaran pengurus dan anggota PSN, untuk tetap menjaga semangat," harap Iwan, agar tidak kendor, serta tetap konsisten mewujudkan cita-cita organisasi. 


Hal senada masih kata Ketua PSN, akan menjalin kerja sama dan sinergitas yang profesional dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupum pusat.

Deklarasi PSN tersebut, mengusung tema “Dengan semangat kemerdekaan pers, kita jadikan Pers Sukabumi Ngahiji sebagai wadah media yang menyajikan informasi yang berkeadilan, sportivitas, dan kebersamaan”. 

Sementara, para pejabat hadir saat deklarasi, diantaranya Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Dandim 0607 Sukabumi, Letkol Arm Suyikno, anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi, Kepala Kesbangpol Sukabumi, Dody Rukman Meidianto, dan Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum, Ahmad Riyadi. Juga dari kalangan tokoh masyarakat tampak terlihat hadir, Habib Ahmad Yazdi R. Alaydrus.

Iwan menyambungkan, PSN didirikan ketika pandemi Covid-19 sedang mencapai puncaknya. Dalam perjalanan yang relatif pendek, organisasi jurnalis ini telah mendapat pengakuan dari berbagai kalangan atas kiprah dan perannya.  

Syukur alhamdulillah, turur Iwan, bisa mengadakan deklarasi di hotel berbintang, hal itu berkat kekompakan anggota dan kerja sama dengan berbagai kalangan. 

Secara legal formal, masih kata Ketua PSN, organisasi telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM serta Kesbangpol Kabupaten Sukabumi. Dan, organisasi dipimpinnya, bukanlah rival, atau lawan tanding bagi organisasi sejenis.

"Justru, PSN bersama organisasi watawan yang lainnya merupakan mitra dalam mewujudkan visi Sukabumi lebih baik," jelas Iwan.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sukabumi, Adjo sangat mengapresiasi, PSN hendaknya betul-betul bisa mewadahi para jurnalis, untuk mencapai tujuan organisasi. Seperti tercantum pada lagu mars, PSN, gemah ripah loh jinawi.

"Yaitu, untuk menciptakan masyarakat yang tenteram, makmur dan sejahtera," katanya.

Wabup Sukabumi menyampaikan terima kasih, kepada insan pers, khususnya di Sukabumi, yang telah ikut membangun melalui media. Berkat media lah menjalankan fungsi sebagai lembaga informasi.

"Sehingga, Sukabumi tetap aman dan kondusif apa yang diharapkan kita semua," bebernya.

Terpisah, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno mengatakan, kehadiran PSN sebagai organisasi wartawan untuk memberikan manfaat kepada anggota, pemerintah, dan masyarakat. 

Organisasi ini, paparnya, sangat luar biasa. Karena bisa menjadi wadah 'Ngahiji', bisa mempersatukan para wartawan, untuk mempercepat terwujudnya tujuan bersama. Dirinya sepakat dengan tujuan PSN, yaitu mewujudkan Indonesia yang makmur, dan Sukabumi gemah ripah loh jinawi.

"Semoga bisa menjadi berkah, bermanfaat, bangunan lantai tiga, yang direstui oleh Habib Ahmad Yazdi, diizinkan untuk ditempati, kantor PSN di Palabuhanratu," pungkasnya, bisa dipergunakan sebaik mungkin, sebagai pusat dan pelayanan kegiatan jurnalistik.


Laporan : (Myd)
×
Berita Terbaru Update