-->

Notification

×

PT Eco Paper Subang Dituntut Karyakan Kembali Pekerja Yang Di PHK

Monday, 27 July 2020 | 20:43 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

SUBANG //- Pengurus Federasi Serikat Buruh Persatuan (FSBP) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Kabupaten Subang - Jawa Barat, menggelar audiensi dengan manajemen PT. Eco Paper Indonesia (PT EPI), Senin (27/07/2020) siang di Kantor PT EPI, Desa Padaasih, Kec.Cibogo, Kab. Subang.

Perwakilan FSBP KASBI, Rahmat Saputra  menyampaikan tuntutan agar perusahaan mempekerjakan kembali anggota SBEPI (Serikat Buruh PT EPI) yang di PHK, lalu mengusulkan pekerja kontrak agar diangkat menjadi karyawan tetap sesuai dengan Nota Pemeriksan Khusus (NPK) yang dikeluarkan Pegawai Pengawas Ketenaga-kerjaan (PPK), dan membayar kekurangan upah buruh PT EPI, serta mengingatkan perusahaan untuk menaati peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
Rahmat juga menyampaikan, apabila dalam Bipartit ke-1 ada serikat yang belum menandatangani nota kesepakatan kontrak, pihak perusahaan seharusnya mengundang dan melakukan kembali Bipartit yang ke-2.


Pihak perusahaan melalui Ahmad Sukresno, S.H., selaku HRD PT EPI menjawab bahwa pihaknya akan memprioritaskan pekerja yang dirumahkan untuk kembali bekerja setelah masa pandemi Covid-19 berakhir, dengan tetap menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Hal itu sesuai dengan kesepakatan pada Bipartit ke-1.

Ahmad juga menjelaskan bahwa KASBI Subang harus mengikuti kesepakatan yang tertuang dalam Bipartit ke-1 walaupun KASBI Subang tidak turut menandatangani kesepakatan tersebut.

Audiensi dihadiri kades setempat, juga perwakilan dari Disnakertrans Kab. Subang, Diky yang menyarankan agar diadakan kembali Bipartit untuk yang kedua kalinya.


Kegiatan tersebut mendapat perhatian dan pengawalan serta pengawasan serius Kapolres Subang Polda Jabar -AKBP Teddy Fanani, S.I.K., M.H., M.M., CHRA.-, melalui Kabag Ops Polres Subang -AKP Rislam Harfian, S.H., S.I.K., C.P.H.R.-, dan Kasat Intelkam Polres Subang -AKP Sonson Sudarsono, S.E., M.M.-, bersama jajarannya yang memediasi pertemuan tersebut agar audiensi dapat berjalan dengan aman dan tertib.

Terkait hal itu, Teddy melalui Rislam menyampaikan bahwa untuk menjaga dan menjamin kondusifitas, pihaknya akan memantau serta terus berkoordinasi dengan Kades Padaasih maupun pihak perusahaan.


Laporan:  Aahamzah

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update