-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi : Desa Adalah Kekuatan Ekonomi Menuju Kota

Thursday, 2 July 2020 | 21:25 WIB Last Updated 2020-07-02T15:32:19Z

JOURNAL CIANJUR//- Di tengah Covid-19, Wakil Menteri Desa (Wamendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Budi Arie Setiadi, kunjungan kerja (Kungker) berkunjung ke Desa Sukasari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020).

Kungker Wamendes tersebut, terlibat langsung panen raya padi, sekaligus ikut menggiling padi menjadi gabah. Sambil dialog bersama para pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Gapoktan, Pengusaha Muda (HIPMI), Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur, dengan topik bagaimana mendorong produk-produk unggulan desa bisa laris, di pasar dalam negeri maupun ekspor melalui digitalisasi pedesaan. 


"Pilar utama dalam kebangkitan ekonomi di masa kehidupan new normal', adalah bergeraknya ekonomi dari desa menuju kota," katanya kepada awak media.

Budi Arie memaparkan, pentingnya desa dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Seperti di salah satu desa di Cianjur, adalah salah satu sentra penghasil beras di Jawa Barat. 

Desa sebagai penghasil pangan sangat penting perannya, masih kata dia, di tengah ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi Covid-19.


Wamendes Budi Arie juga menyampaikan perintah Presiden Joko Widodo, bahwa dalam masa krisis ini pemerintah dan masyarakat harus bekerja ekstra keras (extraordinary). Dampak imbas Covid-19, negara-negara di dunia menahan produk pangannya agar tidak diekspor. 

"Artinya Indonesia harus berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari dalam ekonomi dan pangan," papar Wamendes, Budi Arie.

Terakhir, Ia menambahkan, berjanji dan siap membantu Desa Sukasari, di Cianjur. Agar, warga bisa produktif dan inovatif. Sehingga, kalau biasa ngebut kerja dengan 80 kilometer per jam, sekarang menjadi 180 kilometer per jam.


"Ini extraordinary seperti Presiden Jokowi," ucap, Budi Arie.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sukasari Dadan Haris menyatakan siap memajukan desanya yang tergolong berkembang. Maka, meminta pak Wamendes hadir, untuk menyemangati warga sebagai motivasi.

"Desa kami ini, merupakan salah satu desa yang menjadi sentra utama produksi beras di Kabupaten Cianjur," kata Dadan.

Terakhir, Dadan manyambungkan, kemajuan ekonomi desa dipengaruhi oleh produk unggulan, yang dihasilkan desa diantaranya seperti Sumber Daya Alam (SDA) yaitu pertanian, perikanan, perkebunan serta pariwisata, dan lainnya.


Setelah acara tersebut, selesai Wamendes PDTT, melanjutkan kegiatan ke Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, untuk melihat area produksi bawang putih..(Myd)
×
Berita Terbaru Update