-->

Notification

×

Ali: Padi Huma Sokong Ketahanan Pangan KTSSL

Thursday, 27 August 2020 | 05:44 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

SUBANG //- Kecintaan Ali Warsa, S.E., pada budaya dan adat luhung Leluhur masyarakat Sunda diimplementasikan dalam kehidupan praktis kesehariannya.

Dalam hal ini, Ali, Seorang Ketua Umum Lembaga Adat Waringin Putra, sekaligus sebagai Kepala Desa Margasari, Kec. Dawuan, Kab. Subang, Provinsi Jawa Barat, mencoba menyiasati dan mengadaptasi Program Nasional Ketahanan Pangan Nusantara yang di dengungkan Presiden Jokowi, melalui pemanfaatan lahan kebun untuk ditanami tanaman pangan.

"Saya sudah mendapatkan bibit padi jenis Huma yang baik untuk dibudidayakan pada media selain sawah, yakni pada media tanah kebun atau tegalan atau juga biasa disebut 'huma'," ucap Ali, pada Rabu (26/08/2020) siang di kediaman dia.

"Sistem pengairannya (padi Huma) hanya mengandalkan tadah hujan saja.
Kebetulan ada beberapa wilayah di desa kami berupa kebun dan tegalan," imbuhnya.

Menurut Ali, hal itu dia lakukan untuk memaksimalkan fungsi banyak lahan kebun yang ada di desa yang dipimpinnya itu.


"Selain untuk melestarikan adat dan budaya leluhur kita, hal ini juga saya lakukan dalam upaya menunjang program pemerintah untuk menumbuhkan ketahanan pangan masyarakat terutama dalam menghadapi dan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19," tutur Ali.

"Juga dalam rangka menyokong Program Kampung Tohaga Sapapait Samamanis Lodaya (KTSSL) di Kab. Subang, agar tercipta masyarakat desa Margasari yang tangguh menghadapi dampak pandemi Covid-19," pungkas Ali.


Laporan : Aahamzah

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update