-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota, Gelar Operasi Patuh 2020 Tematik Sesuai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Sunday, 2 August 2020 | 11:19 WIB Last Updated 2020-08-02T04:19:24Z

CIREBON KOTA //-Operasi patuh kali ini bersamaan dengan mewabahnya Pandemi Covid- 19 dan menuju pada Era adaptasi kebiasaan baru (AKB), sehingga cara bertindak dalam kegiatan penegakan hukum harus disesuaikan untuk menghindari berkerumunnya pelanggar / orang untuk memutus tertularnya virus Corona. Operasi patuh Lodaya 2020 yang digelar oleh jajaran satuan lalu lintas di wilayah hukum Polres Cirebon kota, tidak hanya mengaplikasikan tindakan pre-emtif dan preventif tetapi memberikan teguran secara Humanis bagi masyarakat terkait adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) penggunaan masker dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19.

Ditegaskan kasat lantas Polres Cirebon Kota "Dalam hal penegakan hukum ini konsepnya kita ubah. Kita umumkan dulu. Jadi sifatnya tematik. Jadi katakanlah di Polres Cirebon kota ini pelanggaran yang dominan. Misalnya melawan arus, nah kita umumkan nanti jam sekian sampai sekian polisi akan lakukan penertiban melawan arus," tutur Akp La Ode Habibi Ade Jama, S. Ik,  MH yang disampaikan pagi ini dalam apel sat lantas. Minggu (02.08.2020).

Menindak lanjuti hal tersebut, jajaran polisi lalu lintas polres cirebon kota akan semakin aktif membagikan selebaran informasi dan masker kepada seluruh pengguna jalan. Selain itu, akan ada sosialisasi bentuk penertiban pelanggaran lalu lintas yang akan dilakukan selama ops patuh lodaya 2020.

Hal ini seiring dengan yang disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Istiono, beberapa waktu yang lalu di Kantor NTMC Polri, Jakarta Selatan. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan Operasi Patuh  dengan konsep berbeda dari sebelumnya. Petugas di seluruh Indonesia akan memetakan tema pelaksanaan operasi yang disesuaikan juga dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Sifatnya pun lebih ke tindakan persuasif dan humanis, bukan sepenuhnya penegakan hukum.


Persentase 40 persen kegiatan preemtif, 40 persen preventif, 20 persen penegakan hukum. Kegiatan-kegiatan preemtif di jajaran diharapkan berorientasi kepada era kebiasaan baru dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 atau memutus mata rantai Covid-19. 

Kapolres Cirebon Kota AKBP SYAMSUL HUDA, S.Ik, SH, M.Si. melalui kasubbag humas menyampaikan “ upaya pendisiplinan dengan konsep persuasif dan humanis ini dapat semakin mendisiplinkan masyarakat dan menjadi pembiasaan ke depan. Semoga sat lantas polres cirebon kota sebagai garda terdepan dalam kegiatan operasi kepolisian ini, dengan 15 hari pelaksanaan ops patuh lodaya 2020, mudah-mudahan dampaknya terasa untuk pendisiplinan masyarakat, ini untuk membangun peradaban masyarakat dan ketertiban masyarakat dengan lalu lintas, ini mudah-mudahan akan semakin tertib," Kapolres Cirebon kota menandaskan melalui Iptu Ngatidja,SH.MH.



Laporan: Wadira
×
Berita Terbaru Update