-->

Notification

×

Sundawani Pertanyakan Dana BOS Semasa Pandemi Covid-19

Monday, 3 August 2020 | 21:51 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

SUBANG //-Audiensi Paguyuban Sundawani Wirabuana Kab Subang - Jawa Barat pimpinan Yosef dengan Kadis Pendidikan Subang diwakili Plt Sekdis Pendidikan Subang -Aef Saefudin- dan Kabid Perencanaan Disdik Kab. Subang -Dudi-, digelar Senin (03/08/2020) pukul 10.40 WIB, diawali sebelumnya dengan ber-orasi di halaman Kantor Disdik Subang.

Yosef mempertanyakan perihal dana BOS dan bantuan untuk siswa semasa pandemi Covid-19.

"Dalam situasi Pandemik Covid - 19, apakah dana BOS tetap mengalir dan digunakan seperti biasanya? 
Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa dana BOS telah diterima oleh sekolah?" tanyanya.

"Kemudian secara aturan Juknis dan Juklak, boleh atau tidak Dinas Pendidikan mengintervensi pembangunan sekolah? Apabila ada oknum yang melakukannya, apa tanggapan Bapak?" lanjut Yosef.


Aef menjawab pertanyaan Yosef, bahwa anggaran BOS tetap dikeluarkan walaupun kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak bertatap muka langsung, tetapi guru wajib memberikan pembelajaran/tugas melalui virtual.

"Penyaluran dana BOS Pusat (APBN) langsung disalurkan ke Rekening masing-masing sekolah.
Dana BOS diperuntukan untuk tenaga kerja/guru honorer, keperluan listrik dan air, supervisi guru terhadap murid, dan untuk persiapan penerapan protokol kesehatan," jawab Aef.

Masih menurut Aef, pelanggaran Juknis pelaksanaan BOS merupakan tindak pidana, dan penanganannya masuk ke ranah penegak hukum. 

"Dana BOS dibagi 3 bagian, yaitu BOS Daerah/Kabupaten, BOS Provinsi dan BOS Pusat/Reguler. 
Dana BOS Pusat dan BOS Daerah untuk SD, dan SMP dengan jumlah Rp 1.100.000 per siswa/tahun didahulukan untuk operasional sekolah berupa pelayanan dan oprasional lainnya," urai Aef.

Audiensi berakhir pukul 11.00 WIB, lalu aksi Yosef dan kawan-kawan berlanjut ke Kantor Kejaksaan Negeri Subang dengan pengawasan dan pengamanan humanis dari Kapolres Subang - Polda Jabar -AKBP Teddy Fanani, S.I.K, M.H., M.M., CHRA., melalui Kabag Ops Polres Subang -AKP Rislam Harfian, S.H.,S.I.K., C.P.H.R.-, melibatkan 35 personel pengamanan dari Polres Subang.


Laporan : Aahamzah

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update