-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Warga asyik berwisata di Pemancingan Mangrov Mina Citra Lestari Desa Grogol Bondet

Sunday, 9 August 2020 | 12:55 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

Cirebon // - memancing  menjadi salah satu kegiatan yang mengasikan bagi  sebagian orang yang punya hoby pemancing. Apalagi dilakukan bersamaan dengan berwisata, sebab selain bisa menikmati panorama alamnya, Hoby pun tersalurkan dengan berwisata sekaligus memancing.

Warga sekitaran wilayah Kabupaten Cirebon tampak  senang dan bersemangat memancing dilokasi tempat Wisata mangrov mina lestari yang terletak di desa grogol BONDET, Kecamatan Gunung jati, Kabupaten CIREBON, Sabtu, (08/08/2020).

Salah seorang warga asal wilayah kecamatan plumbon kabupaten cirebon, Raka (40), mengatakan bahwa dirinya bisa tau tempat lokasi pemancingan ini, itu kami tahu setelah melihat postingan dari akun media sosial ( Medsos ) maka dari itu untuk untuk mengisi waktu luang kami bersama teman teman sengaja datang dilokasi ini karena rasa penasaran, akan tetapi setelah kami kelokasi tersebut ternyata tempatnya asyik juga, bahkan di sini kami bisa melihat wisata mangrov dan bisa spot juga ada kuliner dan lokasinya cukup bagus, ungkapnya.


Terpisah, Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, Purwadi yang Akrab disapa Pak PUR mengatakan, bahwa Lokasi wisata mangrov dan pemancingan Mina Citra Lestari Desa grogol Bondet ini sengaja kami merintis sejak 15 tahun lalu, hingga saat ini kami terus edukasikan lokasi ini dengan anggaran dana seadanya atau seikhlasnya dari hasil orang orang memancing, ujarnya.


"Lokasi tersebut kedepanya akan kami jadikan sabagai tempat  desa wisatabahari yang destinasinya dari wisata laut, dan tempat mancing ikan di laut serta tempat wisata mangrove juga aneka kuliner dan sebagainya" katanya.

Selain itu, juga akan adanya pembangunan rehabilitasi untuk dikonservasi kawasan pesisir pantai dan nanti ada bentuk Cindramata untuk ditampilkan, jadi mancing itu merupakan bagian dari wisata bahari denga ekosistem wisata mangrove"

Menurutnya, Untuk sementara waktu ini, kami tidak bisa berbuat banyak dahulu karena keterbatasan sarana. Sehingga kami sengaja untuk terus edukasikan lokasi tempat ini dengan apa adanya. Hal lainnya seperti Unsur komersil itu masih jauh jadi saat ini kami masih mengolah tempat ini yang sipatnya sumbangan jadi tidak seperti tempat lain harus bayar sekian, disini kami masih berlakukan iuran yang sifatnya sumbangan atau  seikhlasnya saja dari pengunjung atau  pemancing.

Pada umumnya tidak semua orang suka memancing, maka dari itu Fasiliatas utama kita Trutama yakni, tentang bagaimana untuk terus berupaya melakukan inovasi pemeliharaan lingkungan dan pemeliharaan rekting,  sehingga tempat lokasi ini dapat dinikmati oleh para pengunjung, dengan panorama alam mangrovenya.


Selain itu juga kami berkeinginan untuk kedepanya dilokasi wisata mancing ini dapat kami bangun sebuah  tempat ibadah Musholla, dan kebutuhan dasar seperti listrik dan air bersih lebih jauhnya,  Kalau itu semua cukup langkah awal Kami yakni punya regulasi kawasan pesisir pantai untuk ditetapkan sebagai kawasan konservasi yang nantinya akan direkomendasikan melalui surat keputusan dari desa setempat melalui Perdes tentang  pengelolaan pesisir pantai dan kawasan wisata bahari, setelah regulasi itu resmi maka akan kami bikin sistem jadi kita tidak akan lepas dengan pemdes, namun untuk saat ini kami hanya masih sebatas komunikasi dengan pihak bumdes desa setempat, Kalaupun  kerangka sama sistemnya sudah dibangun baru kita akan regulasikan menjadi lokasi Wisata desa bahari, jelas Pak Pur.


Laporan: Wadira
×
Berita Terbaru Update