-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

EFISIENSI PENGGUNAAN DD DESA MALEBER KARANGTENGAH DIPERTANYAKAN

Saturday, 5 September 2020 | 16:38 WIB Last Updated 2020-09-05T09:38:47Z

EFISIENSI PENGGUNAAN DD DESA MALEBER KARANGTENGAH DIPERTANYAKAN

Cianjur//JN: Seyogianya penggunaan dana desa (DD) yang dikucurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat dibelanjakan sebagaimana peruntukannya, sesuai dengan peraturan dan perundangan yanga ada. Namun tidak sedikit pula desa yang tidak terlalu cakap dan cermat dalam membelanjakan Dana Desa (DD) tersebut.
Satu diantaranya adalah Pemerintahan Desa Maleber Karangtengah Cianjur yang dipandang oleh beberapa tokoh pemuda di desa tersebut tidak sesuai dengan peruntukan, bahkan tidak jelas skala prioritasnya. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Asep (47) kemarin dikediamannya disekitaran Jalan Halte Maleber, ia bepandangan bahwa Pemeritah Desa Maleber kurang cermat dalam membelanjakan DD bahkan dapat dikategorikan tidak menggunakan skala prioritas belanja program.

"Saya cermati dari sejak lama, ada indikasi penggunaan DD yang kurang tepat sasaran di Desa Maleber ini. Hal yang seharusnya diutmakan dan disegerakan untuk kepentingan warga malah tidak dikerjakan. Sedangkan hal yang tidak masuk program prioritas pembangunan malah di dahulukan. Ini mengherankan bagi kami dan masyarakat lainnya." demikian ungkap Asep menyayangkan dengan nada kesal.
Hal senada juga dikemukakan oleh Ahmad Usman (27) yang mengiyakan adanya indikasi tidak tepat sasaran DD di Desa Maleber dalam hal belanja program, sebagai contoh program pembenahan dan pengerukan aliran Sungai Cidomba yang sering meluap ketika musim penghujan tiba itu belum juga dieksekusi, padahal sudah ada dalam APBDes 2020 karena alasan Pandemi Covid-19.
"Mengapa pembenahan infrastruktur Desa Maleber yang memakan biaya lebih besar dari pengerukan dan normaliasasi aliran sungai justru lebih diutamakan ?. Padahal yang saya lihat masih kuat bangunan desa tersebut, masih layak untuk digunakan. Tolonglah utamakan kebutuhan rakyat dan jadikanlah kemaslahatan rakyat menjadi tujuan utama pembangunan desa melalui DD ini." tutur Usman menguatkan apa yang dikemukakan Asep.
Hingga tulisan ini dipublikasikan, pihak redaksi Journal News tengah berupaya mengkonfirmasi para pejabat desa Maleber, terlebih Kepala Desa dan Bendahara Desa. (Jack)

×
Berita Terbaru Update