-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Gus Menteri Sosialisaikan Panduan Penggunaan DD 2021

Monday, 21 September 2020 | 19:39 WIB Last Updated 2020-10-01T16:17:47Z

*SUBANG //-* Arahan Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2019 silam menyatakan bahwa dana desa harus dirasakan seluruh warga desa, terutama golongan terbawah, termasuk dalam hal dampak positif pembagunan desa.

Hal itu diingatkan Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar (biasa disapa Gus Menteri) saat press confrence menyampaikan Permendes No. 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk Tahun 2021, Senin (21/09/2020) via Zoom Tele Confrence.

Gus Menteri menegaskan, prioritas pembangunan bersumber dari dana desa pada 2021 mendatang akan fokus pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau biasa disebut pembangunan berkelanjutan di desa.

Melalui Permendes itu, pemanfaatan dana desa dipandu untuk prioritas pemulihan ekonomi masyarakat desa.

"Untuk 2021 pencapaian SDGs-nya kita arahkan untuk pemulihan ekonomi sesuai dengan kewenangan desa," ucap Gus Menteri.

Dana desa juga dapat diprioritaskan untuk Listrik Desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif desa melalui pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes atau BUMDes Bersama (BUMDesma).  


"Masih ada 3000 desa yang belum dialiri listrik. Program nasional Pembangunan Ekonomi Nasional (PEN) elektrifikasi, antara lain adalah penyediaan Listrik Desa. Itu masuk SDGs nomor 7 (Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan)," tuturnya.

Dia juga mengarahkan desa agar dapat melakukan pendataan desa berupa pemetaan potensi dan sumber daya serta perkembangan informasi dan teknologi semisal potensi wisata dan pengembangan jaringan internet di desa-desa.


Laporan Aahamzah
×
Berita Terbaru Update