-->

Notification

×

Ketua Posraya Subang: "Sewa-Menyewa Lahan HGU PT RNI Sarat Pelanggaran"

Monday, 7 September 2020 | 14:31 WIB Last Updated 2020-09-07T07:31:32Z

SUBANG //- Informasi sewa-menyewa lahan HGU PT RNI di Kab. Subang mendapat tanggapan dari Ketua Posraya Indonesia DPC Subang, Deny Herlambang.

"Mengenai praktek lahan RNI yang disewakan kepada masyarakat yang notabennya adalah rakyat Subang, itu harus diklarifikasi," ucap Deny saat terhubung via WA, Senin (07/09/2020) Pukul 13.07 WIB.

"Sebab, selain ketidak-jelasan alas hak peralihan HGU sesuai PP No. 40  tahun 1996, besaran harga sewa yang dilakukan sangat membebankan rakyat. 
Informasi yang kami terima nilainya sekitar Rp 4 juta per hektar per tahun," lanjutnya.

Deni menegaskan bahwa praktek menyewakan lahan HGU yang diberikan negara kepada RNI sarat pelanggaran. Sebab, dalam aturan tidak dibenarkan adanya peralihan hak lahan HGU kepada pihak lain.

“Kalaupun ada (sewa-menyewa), itu harus melalui tahapan yang clear, jelas dan sesuai peraturan perundang-undangan. Yaitu harus melalui proses lelang dan sebagainya. Jangan sampai ini (sewa-menyewa) merupakan ulah oknum-oknum yang mencari keuntungan tanpa memberikan kontribusi yang nyata kepada negara,” tandasnya.

"Saya tak mempersoalankannya jika praktek sewa-menyewa lahan RNI itu memang diatur dalam UU. Terlebih, besaran biaya (hasil) sewa itu menjadi pendapatan negara yang sah dan diakui oleh UU. 
Persoalannya, ini (aliran hasil uang sewa) nggak jelas. Iya kalau masuk ke negara. Kalau tidak bagaimana?,” pungkas dia.


Laporan : Aahamzah

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update