-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketum PJI Resmi Lantik Pengurus DPC PJI Kabupaten Indramayu

Wednesday, 9 September 2020 | 18:22 WIB Last Updated 2020-09-09T11:22:50Z

INDRAMAYU //- Pengurus Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Indramayu resmi dilantik. Pelantikan dilakukan langsung oleh ketua umum PJI, Hartanto Boechori, di Gedung Mama Soegra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin (07/09/2020).


Ketua umum PJI menyerahkan tanggung jawab kepada Eka Mardiana sebagai ketua DPC PJI Kabupaten Indramayu masa bhakti 2020-2023.

Prosesi pelantikan tersebut dihadiri oleh Kadiskominfo Indramayu Aan Hendrajana, Kabid IKP Diskominfo Dedy S, Humas DPRD Indramayu Rahmat, Kasi Intel Kejari Indramayu Gunawan, Kasat Binmas Polres Indramayu Harry, Danramil 1602/Kota Kapten Arh Basori, Intel Kodim Sertu Budiarto, H. Cecep Kepala Sekolah SMP N 2 Sindang, Toni RM, serta beberapa dari unsur organisasi pers, perusahaan media, organisasi masyarakat, LSM & OKP.

Ketua Umum PJI, dalam sambutannya memaparkan tentang sejarah berdirinya PJI serta visi misinya, dimana ia ingin PJI dapat menjadi wadah organisasi kewartawanan yang profesional berlandaskan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) & mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

"PJI merupakan salah satu organisasi wartawan yang berdiri sejak.20 Agustus 1998 & keberadaannya diakui oleh Dewan Pers. Di organisasi kewartawanan PJI, anggotanya berpegang pada Undang-Undang Pers No 40 tahun 1999 & KEJ. Maka dari itu, wartawan yang tergabung di PJI harus melaksanakan dan mematuhi dua hal tersebut dalam menghasilkan produk jurnalistik," jelasnya.

Disamping itu, ia menghimbau kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama mengawal jalannya demokrasi di Indonesia khususnya kepada wartawan untuk memberikan informasi yang mencerdaskan masyarakat serta memberi peringatan kepada ketua DPC PJI kabupaten Indramayu untuk selektif dalam memilih anggota yang ingin bergabung dalam wadah organisasi PJI.


"Bagi wartawan lain yanv mau bergabung di PJI harus memenuhi syarat, yaitu ikuti UU Pers yang artinya dalam UU Pers, media harus berbadan hukum & di akte pendiriannya harus bidang jurnalistik bukan lainnya, kemudian harus ikuti KEJ. Saya ingatkan kepada ketua DPC Indramayu untuk selektif dalam memilih anggotanya," kata Hartanto.

Usai giat pelantikan, ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Indramayu Makali Kumar berharap hadirnya PJI di Kabupaten Indramayu ini dapat menjadi sarana aplikasi & pembinaan bagi insan pers.


"Saya merasa bersyukur bisa menghadiri pelantikan pengurus PJI cabang Indramayu, saya harap PJI dapat menjadi wadah bagi sarana aplikasi maupun pembinaan karena banyak insan jurnalis di Indramayu yanv belum mempunyai wadah atau tempat bernaung. Sehingga hadirnya PJI ini bisa menampung, mengakomodir, serta membina mereka menjadi jurnalis yang mampu menjabarkan KEJ & menjadi pers yang profesional," ucap Makali.


Selain Makali, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu Agung Nugroho, juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus DPC PJI Indramayu.


"Selamat atas dilantiknya pengurus DPC PJI Indramayu, semoga bisa memberi kontribusi yang labih bagus lagi terhadap dinamika kewartawanan di Indramayu, dan tolong tetap jaga koridor-koridor pers seperti UU Pers, KEJ, karena itu merupakan acuan bagi teman-teman wartawan yang menekuni profesi sebagai seorang jurnalis," tuturnya.


Laporan: NR
×
Berita Terbaru Update