-->

Notification

×

Diduga Banyak Penyimpangan dalam Program Pisew, KPK Jabar Kabupaten Sukabumi, Siap Lapor KPK RI

Sunday, 25 October 2020 | 20:02 WIB Last Updated 2020-10-25T16:01:00Z


Diduga Banyak Penyimpangan dalam Program Pisew, KPK Jabar Kabupaten Sukabumi, Siap Lapor KPK RI

JOURNALNEWS//SUKABUMI- Komite Pencegahan Korupsi Jawa Barat (KPK JABAR) adalah lembaga yang berbadan hukum berbentuk perkumpulan yang diakui negara dan pemerintah berdasarkan SK Ahu Kemenkum HAM RI Nomor Ahu.001336.Ah.01/07/2018
dan berita negara No. 90 dan tambahan berita negara 00243.

Dimana lembaga ini beregerak dibidang pencegahan korupsi sesuai dengan PP RI NO 71 tahun 2000 dan PP RI No.43 tahun 2018 tentang tatacara pemberian penghargaan dan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Pada  saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Sekretaris Umum KPK Jabar Setda Kabupaten Sukabumi memberikan penjelasan  ketika ditanya wartawan terkait dengan program Kerja KPK Jabar Setda Kabupaten Sukabumi (24/10/2020).

Sekum KPK JABAR ini Menjelaskan, bahwa setelah melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran KPK JABAR Setda Kabupaten Sukabumi terkait progress yang telah dilakukan oleh Jajarannya, terkait Pengawasan Dan Evaluasi beberapa program Dan Bantuan dari Pemerintah,baik Pusat ,Provinsi Dan Daerah.

"Hari ini Saya sudah menerima Laporan dari anggota terkait Pengawasan Dan Sekaligus evaluasi program Dan Bantuan dari Pemerintah dari tingkat Pusat maupun Daerah, khususnya di Kabupaten Sukabumi"(24/10/2020)

Sekum pun menambahkan dari hasil analisa, kajian dan bedah perkara menunjukan banyak sekali penyimpangan dan terindikasi dengan  sengaja melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH). Bahkan yang lebih miris lagi mereka tidak sadar akan sebab dan akibat dari apa yang telah dilakukan.

Sekum pun Memberikan pemaparan lebih lanjut  Terkait Progress yang telah dilakukan Jajarannya,terkait beberapa program diantaranya :
1. BSPS (Bantuan Stimulant perumahan Swadaya)
2. BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Reguler Dan AFIRMASI.
3. Penyaluran Bantuan Covid -19
4. KIP (Keterbukaan Informasi Publik)
5. PISEW (Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah).
6. Pemantauan Pilkada Serentak.

Lebih lanjut Sekum menjelaskan program PISEW khususnya yang ada di 20 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi  menjadi perhatian khusus,pasalnya banyak sekali penyimpangan dan terindikasi melakukan perbuatan TIPIKOR yang terstruktur sistematis dan masif. Baik dari segi pelaporan, pengerjaan, kuantitas maupun Kwalitas dan yang lebih parah lagi adanya dugaan Oknum salah satu petinggi PARPOL yang mengaku bahwa PISEW adalah hasil dari sspirasi dan meminta ±20% dari total bantuan yang diterima oleh tiap Kecamatan.


Terkait PISEW ini dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Sekretariat Jenderal Pusat KPK JABAR, untuk meminta saran dan masukan terkait langkah apa yang sebaiknya dilakukan dan dirinya diperintahkan untuk melakukan koordinasi dan laporan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) karena Ada dugaan Kerugian negara lebih dari 1 Miliyar Rupiah.

Dan sampai berita ini di turunkan pihak KPK JABAR Setda Kabupaten Sukabumi masih mengumpulkan bukti-bukti terkait penyimpangan dalam program PISEW Ini. (@ryo/team)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update