-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

KEPSEK SDN BHAKTI WINAYA TERUS TINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI TENGAH COVID-19

Sunday, 4 October 2020 | 06:07 WIB Last Updated 2020-10-03T23:07:31Z

 


KEPSEK SDN BHAKTIWINAYA TERUS TINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI TENGAH COVID-19

CIANJUR// JN: Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bhakti Winaya yang berlokasi di Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, jika dilihat secara geografis berada di pelosok pinggiran kecamatan. Jarak yang cukup jauh pastinya sangat melelahkan bagi mereka yang berkunjung ke sana. Namun, haruslah diacungi jempol, menurut beberapa warga, bahwa Kepsek Wawan Sukwan S.Pd, MM merupakan pribadi yang ramah, sopan dan cepat berbaur dengan masyarakat.

Iapun aktif dalam melaksanakan tugas-tugasnya, selalu tepat waktu dalam semua kegiatan di satuan pendidikannya. Selain itu jumlah peserta didik yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Sejak tahun 2019 sebanyak 229 siswa, 2020 menjadi 240 siswa, maka diperlukan silaturahmi ke setiap kampumg untuk menambah kepercayaan terhadap pendidikan supaya tidak ada anak yang putus sekolah, inilah yang menjadi prinsip Wawan dalam upayanya meningkatkan kualitas pendidikan.

Media Journalnews.co.id sengaja bersilatuhami menemui Wawan di kantornya Senin (28/9) beberapa waktu lalu, dan diterima dengan baik. Ia menuturkan sangat berbahagia bisa kedatangan rekan media, bisa berbincang seputar pendidikan, dan memang tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, harus ada keseriusan dan komitmen, disertai memiliki tanggung jawab untuk memajukan pendidikan yang beualitas dan lebih memanusiakan.

“Benar adanya di sekolah kami telah mengalami perubahan dan beradaptasi dalam proses KBM ataupun kegiatan belajar mengajar, tepatnya mengajar di sekolah, akan tetapi dimusim Virus Corona tempat ngajar mengajar masih tetap dirumah masing- masing anak, itu juga memberi suatu pelajaran dengan metode daring (dalam jaringan) atau luring (luar jaringan). Tergantung kondisi dan situasi (sikon), melaksanakan kewajiban dan tidak ketinggalan selalu memakai masker mematuhi protokol kesehatan. Langsung turun memantau ke lapangan,  kepsek dengan guru- guru melakukan tugasnya tanpa mengenal rasa lelah demi pendidikan.” Tutur Wawan dengan nada serius.

Wawan menambhkan lagi, bahwa sebagai pimpinan bukan hanya mendorong membina memberi motivasi terhadap guru, tetapi sama- sama berjuang bagaimana caranya pendidikan supaya lebih maju kerena kesuksesan itu ilmu. Kita harus fokus mengajar yang pada prinsipnya membimbing anak didik dalam kegiatan belajar mengajar atau berarti  bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan proses belajar mengajar yang inter aktif satu sama lain, baik guru maupun siswa.

Hal ini mengandung makna bahwa guru dituntut untuk dapat berperan sebagai organisator kegiatan belajar mengajar anak,  dan juga hendaknya mampu memanfaatkan lingkungan, baik yang ada di kelas maupun yang ada di luar kelas, yang menunjang kegiatan belajar-mengajar agar siswa mendapatkan kecerdasan, keterampilan, dan juga mempunyai akhlak baik untuk masa depannya nanti.

“Saya seaku Kepsek terus menerus menghimbau kepada guru, tolong sampaikan terhadap anak- anak didik , tidak perlu khawatir dengan adanya wabah yang menular. Untuk menghindarinya cukup mudah yaitu patuhi protokol kesehatan melalui gerakan 3 M, yakni  diwajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, dan senantiasa menjaga jarak jika dalam kerumunan.” pungkas Kepsek kepada Journalnews.

Terimakasih telah berbagi tips mengajar, dan telah menyambut kami dengan ramah. Semoga Pak Kepsek dan semua keluarga besar SD yang Bapak pimpin sukses dan sehat selalu, sekali lagi terimakasih Pak atas waktunya. (Ateng Permana)

×
Berita Terbaru Update