-->

Notification

×

Obyek Wisata Talaga Saat Kilometer Nol Ciliwung Banyak Di Minati Pengunjung

Thursday, 29 October 2020 | 12:00 WIB Last Updated 2020-10-29T05:00:19Z



Obyek Wisata Talaga Saat Kilometer Nol Ciliwung Banyak Di Minati Pengunjung


Bogor//JN: Kawasan Puncak Cisarua Bogor tepatnya Kampung Cibulao Desa Tugu Utara yang belum lama ini telah dibuka obyek wisata alam Talaga Saat berdasarkan keputusa Kepala Desa Tugu Utara  No.141/33/kpts/x/2020 tentang penunjukan time pengelola dan pelaksanaan kebersihan, keindahan dan ketertiban K3 diwisata alam Talaga Saat.


Gambar: Pos Pembayaran K3 Obyek Wisata Talaga Saat Cibulao


Segingga pihak Desa berinisiatif untuk melestarikan obyek wisata Talaga Saat dengan membentuk wisata desa agar dikelola lebih lanjut dan setiap pengunjung yang masuk harus bayar tiket K3 sebesar 10.000.


"Ketika ditemui wartawan pengelola wisata Desa Renol yang didampingi Owin dilokasi wisata Talaga Saat (28/10/20) mereka mejelaskan pada awalnya memang tidak ada retribusi untuk pembayaran tiket alias gratis yang tiap harinya selalu dipadati para pengunjung namun setelah diperhatikan begitu banyak sampah dan harus segara diantisipasi karena semakinlama akan semakin menumpuk yang berserekan dan tidak ada yang bertanggungjawab karena setelah mereka bermain lalu pulang tanpa ada beban".



Lebih lanjut pihak pemerintah Desa dan pengelola wisata Desa berembuk untuk menangani masalah sampah yang pada akhirnya ada kesepakatan dibentuk wadah K3 untuk pengunjung obyek wisata Talaga saat harus bayar adapun hasil dari penjualan tiket keuangan untuk kebersihan penangan sampah serta pemeliharan adapun terkait dengan parkir itu diluar tanggungjawab pengelola wisata Desa paparnya.


"Namun dilain sisi yang berhasil diliput wartawan dilapangan ternyata menuai kontorversi dari pengunjung masalahnya karcis tiket masuk sudah dipungut petugas dipintu satu sebesar 25.000 oleh pihak LDK (Lintas Daya Kreasi) sementara ini mereka yang mau masuk ke Talaga saat harus lagi merogoh kocek biaya masuk sebesar 10.000 dan bayar parkir kendaraan 5.000 padahal pengunjung sudah bayar".


Bahkan menurut salah seorang petugas perkebunan Ciliwung dengan adanya area parkir kendaraan itu tidak ada koordinasi apalagi minta izin yang jelas dari pihak perkebunan teh ciliwung tidak akan memberikan izin untuk dibuka area parkir karena ini di khawatirkan bisa berdampak merusak area perkebunan.


Hal yang sama dikatakan Camat Cisarua yang secara kebetulan sedang tinjau lokasi buat persiapan rapid tes membenarkan kalau memang ada tempat wisata alam Talaga Saat namun ini juga harus tetap dijaga mengikuti protokol kesehatan selain memakai masker dan cuci tangan sehingga ditempat kokasi harus disiapkan untuk pencegahan corona Covid-19 imbuhnya.


Obyek wisata alam Talaga Saat memang sungguh exsotis selain pemandangan dan panorama alam yang begitu indah juga udaranya sejuk serta dikelilingi pepohonan yang menjulang tinggi dan hamparan perkebunan teh Ciliwung sehingga dapat memanjakan mata para pengujung.


Karena keberadaan talaga saat ada diarea perum Perhutani devisi regional Jawabarat dan Banten  kesatuan pemangku hutan Bogor petak 19 dengan luas 5,80 Ha maka tak heran kalau setiap harinya selalu dipadati pengunjung lokal maupun luar Kota untuk menikmati indahnya obyek wisata Talaga Saat. (Liko)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update