-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

PT ARTHA ASIA FINANCE TUTUP DIDUGA “TAKUT ORMAS”

Wednesday, 7 October 2020 | 07:54 WIB Last Updated 2020-10-07T00:54:16Z

Gambar: Kantor Asia Finance cabang Bandung, Jl BKR No 102 Bandung

PT ARTHA ASIA FINANCE TUTUP DIDUGA “TAKUT ORMAS”


Bandung:  PT Artha Asia Finance yang merupakan anak perusahaan Hitachi Capital menutup kantor cabang di Tasikmalaya dan Garut karena takut oleh ormas. Iwan Firmansyah (06/10) mantan kepala cabang Garut itu menduga penutupan kantornya terjadi setelah ada kesepakatan antara perwakilan management dan ormas. 

“Sebelum di tutup kantor Tasik sering di demo ormas, sesudah perundingan dengan pendemo ada memo internal yang memerintahkan kantor cabang Tasik dan Garut di tutup” ujar Iwan.

Iwan juga membenarkan bahwa sebelum didemo cabang Tasikmalaya, mantan perusahaannya tersebut mewajibkan karyawannya menandatangani pakta intergritas yang berisi larangan karyawan untuk aktif di organisasi masa, organisasi sosial politik dan organisasi kemasyarakatan lainnya. 

Dalam keterangan lain, yang enggan disebutkan namanya, latar belakang penutupan cabang Tasikmalaya karena karena seorang karyawan yang berinisial S yang mendemo perusahaannya dengan menggunakan ormas. S tersebut telah di PHK sejak bulan februari 2019, sedangkan pemberitahuan PHK diserahkan sejak maret 2019, dan di bulan maret tersebut dia masih dikaryakan untuk menangani masalah perusahaan, sedangkan pesangon tidak diberikan. Ketika S konfirmasi ke kantor pusat di Kebon Jeruk ia malah diabaikan, malahan memperoleh ungkapan menantang untuk menggerakan ormas dari direktur.  

Dalam keterangannya juga, PT Artha Asia sangat takut oleh ormas sehingga ia menutup dua kantor cabangnya. Penutupan tersebut, sebagai bentuk perlawanan terhadap kesewenang-wenangan pihak management untuk menentukan nasib karyawannya. “proses penanganan masalah karyawan sangat buruk, kantor pusat hanya menjadikan kepala cabang sebagai ujung tombak, kantor pusat tidak berani turun langsung, terakhir hanya mewakili lewat pengacara untuk penyelesaiannya” ungkap seseorang  yang enggan di sebut namanya.

Namun Iman Hilman, mantan kepala cabang asia finance Tasikmalaya menegaskan bahwa kesepakatan antara management pusat dan ormas tidak diketahuinya secara detail, dugaan itu muncul karena penutupan cabang Tasikmalaya terjadi setelah perundingan antara perwakilan management dan ormas. sedangkan sejak awal penutupan dari pihak management tidak terbuka memberikan informasi terhadap karyawan. Iman juga menyayangkan ketidak pekaan management pusat terhadap nasib karyawan tidak ditangani lebih awal. 

“Seharusnya hal ini tidak terjadi jika perusahaan bertindak sedari awal untuk menghargai hak setiap karyawan” ungkap pria yang resign dari asia finance per maret 2020 tersebut

Pihak PT Artha Asia Finance memberi pernyataan tidak perlu memberikan respons terhadap pertanyaan yang  diajukan wartawan karena di luar konteks perselisihan hubungan industrial yang saat ini sedang diselesaikan di Pengadilan Hubungan Industrial di Bandung. Pihak Hitachi Capital tersebut menyarankan tidak memberitakan hal-hal yg tidak benar tentang perusahaannya, 

"Kami akan mengambil sikap yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundangan yg berlaku" ungkap Yudi Wachyudi Senior Manager HRD.

Menurut data journal news mengenai pemberitaan tentang anak perusahaan Hitachi Capital sejak dua bulan lalu, pihak PT Artha Asia Finance belum pernah satupun memberikan klarifikasi terhadap berita yang muncul. (Akmal)

×
Berita Terbaru Update