-->

Notification

×

Sulistyo (Pengamat Sosial) : Hari Santri Nasional Milik Semua Ummat Islam

Wednesday, 21 October 2020 | 11:21 WIB Last Updated 2020-10-22T08:38:17Z


Sulistyo (Pengamat Sosial) : Hari Santri Nasional Milik Semua Ummat Islam


KUNINGAN// JN : Pengamat sosial Sulistyo mengatakan, sejak Presiden Joko Widodo meresmikan dan menetapkan tanggal 22 Oktober 2015 sebagai Hari Santri, disambut gegap gempita oleh semua institusi pendidikan Islam, karena itu milik semua golongan ummat Islam.


"Tentu tidak bermaksud memunculkan kebanggaan identitas kelompok tertentu, karena predikat santri adalah milik semua ummat Islam yang berperilaku Islami," ungkapnya, ketika berbincang Kantornya disekitaran Kabupaten Kuningan, Rabu (21/10).


Penetapan yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal Jakarta itu telah mengingatkan dalam lintasan sejarah dan mengenang ummat Islam beserta para Kyai dan Santri ketika berjuang melawan penjajah.


"Santri-Pesantren seolah identik dengan ormas tertentu yaitu NU, tentu identitas ini melekat karena brand image yang terbangun santri sarungan saja," katanya lagi.


Sementara itu menurut Kepala Desa Kertayasa Arief Amarudin, menyatakan bahwa penetapan hari santri merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.



"Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan," tutur Arief, yang juga alumni pesantren Al-Ihya Kuningan.


Saat ini, peringatan Hari Santri 2020 secara mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat" karena Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta pandemi virus corona Covid-19.


Di Indonesia, pandemi Covid-19 telah ditetapkan sebagai Bencana Nonalam melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).


"Selamat Hari Santri Nasional, semoga Indonesia segera sehat dari pandemi yang tengah melanda dan segera bangkit kembali untuk mewujudkan Indonesia Maju," pungkas Arief. (Fakhru)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update