-->

Notification

×

Berkahnya Kumpul Silaturahim Bareng Sahabat DI Malam Jumat Kliwon

Friday, 20 November 2020 | 14:41 WIB Last Updated 2020-11-20T07:41:57Z

Berkahnya Kumpul Silaturahim Bareng Sahabat DI Malam Jumat Kliwon


CIANJUR//JN - Dalam rangka acara bersilaturahim atau berkumpul di salah satu tempat, tepatnya di daerah Perumahan Karang tengah Blok 5 no 14 yaitu bertempat di rumah salah satu sesepuh di daerah tersebut, yakni Bapak Ade makmuri (65).

Dalam agenda Temu Kangen bersama sahabat dan sodara akhirnya terwujud pada hari kamis (19/11) bertepatan dengan malam jum'at 'Kliwon' dan kebetulan di setiap bulan hanya ada satu kali malam jum'at Kliwon.

Sudah menjadi salah satu tradisi budaya di tatar jawa dan sunda yg selalu di nantikan pihak masyarakat tertentu atau para sesepuh termasuk tokoh di wilayah masing-masing daerah, khususnya di tatar jawa dan sunda.

Adapun kata istilah "Kliwon" Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), KLIWON adalah nama hari dalam sepasar atau juga di sebut dengan nama Pancawara. Kata Pancawara mengandung makna, yaitu minggu yang terdiri dari lima hari dan di pakai dalam budaya Jawa dan Bali. Lalu oleh orang Jawa, terutama hari malam jum'at Kliwon di anggap hari yang keramat serta penuh dengan nilai historis.

Dalam menyambut malam jum'at Kliwon, selain membaca do'a bersama juga di isi dengan tukar pendapat yang mengalir dengan sendirinya. Dalam kegitan tersebut, selain di hadiri Bapak Ade Makmuri (65) serta dihadiri juga oleh salah satu sesepuh yang lain, yakni Bapak Ustad Eem (60) yang dikenal sebagai tokoh yang konsisten dan aktif di setiap acara Kliwon di gelar. 



Ustad Eem, begitulah sapaan akrab masyarakat kepada Beliau, memimpin acara Kliwon mewakili Bapak Ade Makmuri yang kondisi saat ini beliau sedang menjalankan ujian dari yang maha kuasa atau lagi sakit.

Selain dari pada itu, Ustad Eem memimpin  do'a untuk Bapak Ade secara berjamaah di bacakan dengan khusyu dan penuh harap kepada Allah SWT agar penyakit Beliau segera diangkat Allah SWT dan di berikan kesehatan yang prima kembali.

Ketika di temui jurnalis JOURNAL NEWS Ustd Eem pun menyampaikan makna dan tujuan bersilaturahim

"Dengan adanya silaturahim ini salah satunya mempererat tali kokohnya persaudaraan dan menambah wawasan pengetahuan juga meningkatkan ilmu tentang kehidupan untuk masa depan, dan juga mempermudah di lancarkannya rizki juga di berikan nya umur yang panjang" Ungkap beliau dengan ramah

Beliau pun menegaskan tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

"Keimanan dan ketakwaan merupakan salah satu kunci utama yang harus di jalankan atau di laksanakan dengan penuh kesabaran dan tentu dengan suatu ke ikhlasan Tawakaltu Alalloh. untuk menuju keselamatan dunia dan akhirat nanti" Ucapnya

"Semoga apa yang di sampaikan dalam acara silaturahim di malam jum'at 'Kliwon' ini di jadikan salah satu contoh bagi Kita semua khususnya untuk pribadi masing-masing dan semoga menjadikan Amanah dan barokah selamanya" Ucap mas Yudi salah satu hadirin yang konsisten eksis ini  (H.Asep MR)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update