-->

Notification

×

KEBUN RAYA CIBODAS SUGUHKAN KEINDAHAN DAN KEHANGATAN KOPI LESEHAN

Wednesday, 4 November 2020 | 16:03 WIB Last Updated 2020-11-04T09:06:51Z

Gambar: Bercengkrama dengan rekan sesama Jurnalis di Kedai Kopi Lesehan Bapak Anung Cibodas. Menikmati keindahan alam, sekaligus merajut kebersamaan memupuk persaudaraan bersama secangkir kopi hangat.


KEBUN RAYA CIBODAS SUGUHKAN KEINDAHAN DAN KEHANGATAN KOPI LESEHAN


CIBODAS//JNKebun Raya Cibodas merupakan kawasan kebun raya yang terletak di Kota Cianjur, Jawa Barat dengan luas wilayah 84,99 kilometer persegi. Kebun Raya Cibodas berada di lereng Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian  1425 mdpl. Berjarak 85 kilometer dari Kota Jakarta, dengan waktu tempuh 90 menit dari Bogor. Tempat wisata ini cocok untuk konkow dan kumpul-kumpul untuk banyak orang pastinya. 




Nongkrong santai di Kedai Kopi dan Kuliner Kawasan Wisata Cibodas Botanical Garden atau biasa orang menyebutnya dengan Kebun Raya Cibodas, memunculkan perasaan unik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini. Tidak hanya wisatawan lokal (domestik) melainkan wisatawan mancanegara (asing) pun banyak yang menyambangi daerah ini. 


Kesejukan udara dan keindahan panorama alamnya yang menakjubkan, menjadi pelipur lara, pengobat rindu akan hausnya rasa syukur terhadap Sang Pencipta, Tuhan yang Maha Esa. Di tempat nan indah ini, tepatnya di kaki Gunung Gede Cipanas Cianjur, perasaan dekat terhadap Tuhan itu ada dan nyata. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Jajang fauzi dan rekan-rekan Jurnalis JournalNews.co.id ketika berkesempatan berkunjung ke salahsatu kedai sederhana milik Bapak Anung. 


"Menikmati secangkir kopi panas dan beberapa penganan khas daerah Cibodas, bersama kawan-kawan Jurnalis sambil menikmati keindahan Panorama Kaki Gunung Gede yang begitu menkajubkan, seolah kita berada di Negeri Dongeng yang banyak dikisahkan dalam buku komik zaman dulu. Disini kami mereguk kebersamaan sekaligus bertafakur kepada Tuhan atas nikmat pemandangan yang begitu elok." tutur jajang penuh rasa syukur. 


Jajangpun menambahkan, jika kegiatan nongkrongnya ini bukan sekedar nongkrong tak bermakna, lebih dari itu di Kedai Kopi milik Bapak Anung yang tepat berada di Ujung Lahan Parkir Kawasan Wisata Cibodas, jajang dan kawan-kawan benar-benar merasakan sensasi wisata alam yang tiada duanya. 


"Namun bukan berarti tidak ada kekurangan dari tekhnis Manajerial Kawasan Wisata Cibodas ini, halnya kebersihan, fasilitas umum MCK, lahan parkir berikut dengan retribusi parkirnya, dan penataan tempat berjualan, perlu dibenahi lagi oleh pihak Pemerintah Daerah, dalam hal ini Manajemen Penegelola Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Wisatawan berhak untuk memperoleh rasa nyaman dan aman, karena inilah dagangan paling pokok oleh Pengelola Kawasan Wisata kepada para pengunjung." pungkas Jajang mengakhiri.


Sejarah Kawasan Wisata Cibodas

Kebun Raya Cibodas didirikan pada 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann seorang kurator Kebun Raya Bogor. Awal didirikan Kebun Raya Cibodas bernama Bergtui te Tjibodas yang bermakna Kebun Pegunungan Cibodas yang difungsikan sebagai tempat aklimatisasi tanaman yang berasal dari luar daerah dengan nilai penting dan ekonomi tinggi.



Seiring berjalannya waktu kemudian berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Kebun Raya Cibodas. Tahun 2003 Kebun Raya Cibodas lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Pada tanggal 11 April 2020 kemarin, Kebun Raya Cibodas merayakan hari jadinya yang ke-168. Dalam rangka memeriahkan hari jadinya, pihak manajemen Kebun Raya Cibodas biasanya menggratiskan tiket masuk selama satu hari penuh, entahlah di tahun ini ?. Saat hari-hari normal biaya tiket masuk Kebun Raya Cibodas adalah Rp. 16.500,- dengan biaya tiket parkir Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 16.000 untuk kendaraan roda empat.


Bagi anda yang hobi melancong dan menjelajah alam bebas, Destinasi Wisata Cibodas adalah pilihan tepat untuk menhabiskan waktu luang bersama sahabat dan keluarga dekat. Selamat berwisata dengan aman dan sehat. (Rimba Raya)

 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update