-->

Notification

×

MENGUKIR LANGIT BERSAMA PARA LAYANG DI AREA WISATA PUNCAK GANTOLE

Sunday, 1 November 2020 | 13:24 WIB Last Updated 2020-11-01T08:49:28Z

 

Gambar: Salah seorang Pengunjung Wisata Puncak Gantole di Kawasan Puncak CIanjur Jawa Barat, berfose dengan latar belakang Parasut Paralayang yang siap terbang mengitari Madyapada, menikmati keindahan alam karunia Sang Pencipta.




TERBANG BERSAMA PARA LAYANG, MENGUKIR LANGIT DI AREA WISATA PUNCAK GANTOLE 


CIANJUR//JN: Selain sejuk dan segar udaranya, ternyata indah nian pemandangan di kawasan Wisata Gantole yang berlokasi di sekitaran wilayah salahsatu Puncak Gunung terindah di Pulau Jawa ini. Masyarakat menyebutnya Gunung Gede-Pangarngo. Ya, memang benar, karena Wisata Gantole ini tepat berada di pusar (Udel-Red) Gunung yang menjadi Icon Kota Santri Cianjur. 


Gunung Gede anu Nande, Pangrango anu Ngadago, Pamoyanan Tempat Panuusan, Selakopi nu Matak Nyari, demikian dalam salahsatu bait sajak orang Sunda Cianjur dalam menggambarkan keelokkan tanah kelahirannya. 


Hampir setiap hari Jumat-Minggu ataupun hari libur seperti saat ini, Minggu (01/11) warga masyarakat dari luar dan dalam kota berdatangan dengan menyimpan rasa penasaran dengan Tempat ini. Sebenarnya ada apa di lokasi Gantole tersebut dan ternyata setelah kami datangi begitu indah dengan pemandangan khas alam pegunungan di sekitar puncak Gantole tersebut. Angin pun berhembus sepoy, terasa segar dan melegakan bagi siapa saja yang mengunjungi area wisata ini.





Selain dengan udara sejuk dan segar juga pemandangan indah pun terasa. Begitu besarnya keagungan Yang Maha Kuasa, Allah SWT Sanga Maha Pencipta, telah menjadikan kondisi Alam sekitarnya dari yang asalanya tidak nyaman menjadi kerasan dan elok untuk dipandang dan dikunjungi. Adapun keunikan di lokasi Gantole salah satunya kegiatan olahraga Paralayang, atau ada juga yang menyebut Terbang Layang. Cukup dengan uang 450 ribu per satu kali penerbangan badanpun menjadi sehat dan segar salah satunya fungsi jantung kita menjadi normal kembali.


Biaya masuk atau retribusinyapun sangat murah meriah. Masuk ke lokasi Wisata Gantole tersebut cukup dengan merogoh dana sebesar 14.000 rupiah untuk tiket perorang dan parkiran motor 5.000 rupiah kita bisa puas melihat salah satu kekayaan Alam Indonesia khususnya di wilayah Puncak Gantole tersebut. 


Setelah sesampainya di Puncak Gantole, kami dari Media Journal News tanpa menunggu lama langsung menemui Bapak Robi (55). Beliau merupakan salahsatu petugas yang bertanggungjawab  tentang segala peraturan dan ketertiban di lokasi wisata Gantole tersebut. Robi, demikian sapaan akrabnya, mengaku sebagai koordinator lapangan yang selalu memantau setiap kegiatan di lokasi tempat Wisata ini.




Awalnya Pak Robi sempat menegur saya, disuruh keluar dari lokasi tempat tunggunya antrian Paralayang. 

"Mohon maaf yang bukan anggota dan pengguna paralayang silahkan keluar, duduk atau nontonnya di luar batas pagar lokasi ini." tegasnya, namun setelah saya jelaskan bahwa saya dari Media Berita Nasional Journal News, akhirnya Petugas inipun menyambut dengan ramah dan sangat santun. 


Tak menunggu lama sayapun langsung mewawancara Bapak Robi mengenai kegiatan di lokasi tersebut beliau pun mengatakan setiap hari Minggu banyak sekali wisatawan baik dari luar kota juga dalam kota bahkan ada juga turis Asing yang berkunjung ke lokasi Gantole ini. 


"Hari Minggu banyak sekali wisatawan baik dari luar kota juga dalam kota bahkan ada juga turis Asing yang berkunjung ke lokasi Gantole ini." ucapnya. 


Saat disinggung terkait perolehan pendapatan asli daerah melalui aset wisata Gantole ini, tak satupun Petugas yang mau menjelaskan, cukup dengan mejawab "tidak tahu". Namun jika dilihat secara kasat mata dengan banyaknya pengunjung yang datang, terlebih disetiap akhir pekan, tentunya kawasan ini menjadi salahsatu daerah wisata andalan Pemerintah Daerah Cianjur dan juga Kabupaten Bogor. (H.Asep MR)


No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update