-->

Notification

×

PAMDI Gelar Webinar Kurikulum Kampus Merdeka

Wednesday, 18 November 2020 | 22:33 WIB Last Updated 2020-11-18T15:35:53Z


BANDUNG//JN: Senin (16/11/2020) Perkumpulan Ahli Manajemen Dakwah Indonesia (PAMDI) selenggarakan Webinar Kurikulum Kampus Merdeka. Acara dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini berjalan dengan baik berkat sinergi Kementerian Agama Republik Indonesia, Prodi Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ketua Prodi MD, H. Arif Rahman, S.Ag., M.Pd dalam sambutan selamat datangnya mengucapkan bahwa kegiatan webinar sebagai respon terhadap kebijakan kampus merdeka yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.


“Ini adalah respon terhadap kebijakan kampus merdeka. Maka kami memulai dengan FGD secara virtual untuk kepentingan Prodi MD” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAMDI, Drs. H. Cecep Castrawijaya, MM., MA dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada Prodi MD UIN Bandung, MD UIN Jakarta dan Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang telah menginisiasi webinar ini.

“Ini adalah langkah konkret dalam menyusun kurikulum MD, sebagai bagian dari upaya merespon kebijakan terkini dalam bidang pendidikan”, ujarnya.

Ketua Umum PAMDI secara lebih jauh menyampaikan, “Perlu adanya workshop secara teknis untuk Menyusun kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar, serta penyusunan model praktikum secara nasional”, imbuhnya.

Acara menghadirkan pemateri di antaranya Dr. H. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag selaku Kasubdit Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Suparto, M.Ed., Ph.D selaku Dekan FDK UIN Jakarta dan Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag selaku Dekan FDK UIN Bandung. Serta acara ini juga di pandu oleh Yuyun Yuningsih, M.Ag., Dosen Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Mamat S. Burhanudin, menegaskan bahwa “”Ini sebagai penegas, bahwa Prodi MD harus mulai penyusunan kurikulum kampus merdeka, tentunya sesuai dengan regulasi dari Kementerian, yang sebentar lagi buku panduannya akan terbit”, pungkasnya

Acara dihadiri oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa Manajemen Dakwah di seluruh Indonesia. Ketua Panitia, Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag selaku Sekretaris 1 PAMDI dan Ketua Prodi MHU menyampaikan bahwa kegiatan webinar sebagai ruang terbuka untuk mendiskusikan dan memetakan konstruksi kurikulum Prodi MD.

“Diharapkan melalui kegiatan ini kita bisa sama-sama menguatkan struktur kurikulum kampus merdeka untuk kepentingan Prodi MD di seluruh Indonesia”, ungkapnya.

Asep berharap kegiatan ini ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya yang dapat semakin menguatkan fondasi akademik Program Studi Manajemen Dakwah dan Kurikulum KKNI MD se-Indonesia menjadi semakin kokoh berkat sinergi seluruh prodi MD yang terhimpun dalam PAMDI. (RM/ RR/ Wan)

 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update