-->

Notification

×

RUMAH SENIMAN CIANJUR AMBRUK MENDAPAT PERHATIAN DARI PEMERINTAH SETEMPAT DAN MASYARAKAT

Friday, 6 November 2020 | 22:35 WIB Last Updated 2020-11-06T23:34:37Z



RUMAH SENIMAN CIANJUR AMBRUK MENDAPAT PERHATIAN DARI PEMERINTAH SETEMPAT DAN MASYARAKAT


CIANJUR//JN- Seni adalah segala sesuatu yang mengandung unsur keindahan serta mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain. Orang yang melakoni profesi sebagai pembuat seni disebut seniman. Seni juga banyak macamnya termasuk musik tradisional.

Di Cianjur ada salah satu seniman yang bernama Jujun Sujana, dia tinggal di Kampung Ciluncat Rt 01 Rw 02 Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Saat ini tubuhnya lemah tak berdaya dan rumahnya ambruk dihantam hujan disertai angin.


Seniman senior ini,  kini berusia 83 tahun dan merupakan seorang dalang sekaligus penggiat kesenian musik Sunda pada masanya. Kepala Desa Cibadak Elan Hermawan menginisiasi untuk memperbaiki rumah sang seniman dengan biaya seadanya. “Para ketua RW dan RT berembuk untuk bisa memperjuangkan rumahnya yang ambruk, hal itu dilakukan sebagai penghargaan sebagai seniman Sunda,” ucap Elan pada wartawan, Jumat (6/11/20).

Melihat kondisi rumah Jujun, dirinya langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak dengan harapan ada uluran tangan, baik dari pemerintah maupun donatur. 


"Sekarang saya sudah mencoba berkoordinasi dengan para Ketua RW/RT akan menggunakan uang donasi dari masing-masing KK Rp 10 ribu," katanya.


Elan mengungkapkan, kurang lebih 13 tahun lamanya, Jujun sudah mulai sakit. Sang seniman 5 tahun terakhir sudah tidak bisa berjalan atau hanya terbaring lemas di tempat tidur. "Jujun hanya bisa terbaring lemas, sekedar makan pun harus menunggu bantuan dari sanak saudaranya,” pungkas pak kades mengakhiri obrolan. (Jack/ Ayobandung.com)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update