-->

Notification

×

Tujuh Guru MTs Al-Islam Ikuti Asesmen Kompetensi Kementerian Agama Republik Indonesia

Saturday, 21 November 2020 | 18:17 WIB Last Updated 2020-11-21T13:27:39Z
Gambar: Foto peserta AKG MTs Al Islam dan MI YPPI sesi 2, kanan Amirulloh Kepala YPII, Ilham guru matematika MTs. Al-Islam, Elin guru IPA MTs. Al-Islam, Sundari guru Bahasa Inggris, Endang Suherli guru Bimbingan Konseling.

Kementrian Agama RI Uji 269.711 Komptensi Guru Madrasah Secara Serentak

CIMAHI//JN - Guru dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Islam kota Bandung di uji kompetensinya oleh Kementrian Agama Republik Indonesia yang di laksanakan serentak pada tanggal 19-23 Novemebr 2020, peserta yang terdiri dari guru, kepala dan pengawas madrasah. Uji kompetensi guru sebagai penentu kualitas penyelenggaraan pembelajaran madrasah.

"Asesmen diikuti semua jenjang guru RA, MI, MTs dan MA yang memenuhi persyaratan serta mampu menguasai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan Bimbingan Konseling untuk Jenjang Madrasah Ibtidaiyyah dan Madrasah Tsanawiyyah Sedangkan untuk MA Selain di atas mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi. Akan ikut Juga Kepala Raudhatul Athfal atau setingkat TK." ungkap Direktur GTK Ditjen Pendis Dr.Muhammad Zain yang dikutip dari press rilis Kementerian Agama Republik Indonesia.

"Ada 61.362 kepala madrasah, terdiri atas 19.022 kepala RA, 21.112 Kepala MI, 14.405 kepala MTs, dan 6.823 kepala MA sedangkan untuk pengawas madrasah berjumlah 4.111 orang.” sambung pria yang akrab di sapa pak Zain ini menjelaskan masih dalam rilis tersebut.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Bandung menjelaskan AKG ini sebagai statistik kemampuan guru yang mana sebelum asesmen kompetensi ini, Fathurrohman mengatakan telah dilakukan Verfikasi Penialain Kinerja Guru/ PKG Formatif Seluruh Guru MTs Al-Islam, oleh Pengawas Madrasah Tsnawiyah Kota Bandung Ibu. HJ. Hodijah, S.Ag, M.Ag Satu minggu sebelum pelaksanaan AKG.

Gambar: Suasana penilaian Kinerja Guru Formatif yang dilkakukan oleh Pengawas Madrasah Tsnawiyah Kota Bandung Ibu. HJ. Hodijah, S.Ag, M.Ag. terlihat serius

Dalam pelaksanaannya salah satu guru MTs Al-Islam Mengatakan Bapak Haji Iham, AKG MTs AL-Islam di Laksankan di MTsN 1 Bandung Jalan Terusan Holis Cibolerang,di bagi menjadi 3 sesi, Soal berjumlah 60 soal selama 60 menit, soal berbeda beda sesuai dengan guru mapel masing-masing terdiri dari pedagogik, bidang studi, agama, dan kepribadian. Iham pun menambahkan selama sebagai peserta AKG ada kendala LOG IN Aplikasi di Komputer, ketika menjawab tidak terekam di server panitia, akan tetapi setelah beberapa menit bisa di selesaikan dengan log out dan log in kembali hingga clear history browser.

Gamabar: Tampilan menu Login Ujian dengan menggunakan S41b.
 

Menurut Kepala MTs Al-Islam AKG Ini Bertujuan untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dan dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran khususnya di Madrasah Kami dan untuk hasil Asesmen guru bisa dilihat di akun SIMPATIKA masing masing di website 

Semoga dengan ada Asesmen ini pemerintah dan Stickholder lainnya semakin meningkat kualitas dalam keberpihakan pendidikan madrasah dengan jargon Madrasah Hebat, Bermartabat. (ES/Jack)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update