-->

Notification

×

Bawaslu Cianjur Sigap menanggapi Dugaan Pelanggaran Pilkada Serentak 2020

Friday, 18 December 2020 | 21:29 WIB Last Updated 2020-12-18T15:16:42Z
Gambar: Ilustrasi

CIANJUR//JN - Pilkada serentak yang dilaksanakan di Cianjur sudah sukses pada tahapan pencoblosan Rabu (9/12) lalu, bahkan proses rekapitulasi suara sudah ditetapkan pada Selasa (15/12). Setelah kedua proses tersebut selesai, pihak Bawaslu masih menerima laporan dugaan kecurangan yang dilakukan salah satu paslon pada (16/12) dan (18/12) dari masyarakat yang di dampingi oleh Tim Advokasi Pilkada Bersih (TAPB). Hal ini disampaikan oleh pihak Bawaslu pada hari Jum'at (18/12).

Gambar: Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur Divisi Penanganan Pelanggaran Tatang Sumarna, SH. Saat ditemui wartawan di ruangannya.

"Pihak bawaslu menerima laporan dengan dugaan pelanggaran pasal 71 ayat 3 dan pasal 188 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang melibatkan salah satu paslon." ungkap Tatang selaku Anggota Bawaslu Divisi Penanganan Pelanggaran menjelaskan.

Laporan ini diduga ada tindak pelanggaran Pemilu, oleh karena itu pihak Bawaslu membahas laporan bersama Sentra Penegak Hukum Terpadu (GAKKUMDU).

Sejauh ini ada 16 laporan maupun temuan terkait pelanggaran pilkada diantaranya kode etik, netralitas ASN dan tindak Pelanggaran pemilihan. Namun setelah dikaji oleh pihak Bawaslu sebagian besarnya bukan merupakan tindak pelangagaran dalam Pilkada.


Adapun agenda pada Jum'at (18/12) di Kantor Bawaslu Kabupaten Cianjur, adalah tindak lanjut mengenai pelaporan yang dilakukan oleh salahsatu warga Cianjur yang berinisial HM beberapa waktu lalu. Pelaporan tersebut mengenai dugaan pelanggaran kewenangan, program, dan kegiatan dalam pilkada oleh pihak terlapor yakni HS selaku Plt. Bupati Cianjur.

Mengenai berbagai laporan yang masuk, Bawaslu akan memastikan semua tahapan sesuai Undang-undang yang berlaku. Oleh karena itu pihak Bawaslu berharap apa pun ketetapan KPU nanti semoga menjadi yang terbaik untuk Kabupaten Cianjur.

"Kami pihak Bawaslu tentu harus memastikan semua tahapan sesuai Undang-undang yang berlaku agar hasil yang di tetapkan oleh KPUD adalah hasil terbaik untuk Kabupaten Cianjur" pungkasnya mengakhiri percakapan. (Jack/Al-Lanny)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update