-->

Notification

×

Inspirasi Seorang Pengrajin Bilik yang Bertahan di Tengah Pandemi

Sunday, 27 December 2020 | 19:04 WIB Last Updated 2020-12-27T12:13:03Z



Inspirasi Seorang Pengrajin Bilik yang Bertahan di Tengah Pandemi


CIANJUR//JN - "Apan selaku  pengrajin bilik dari Kampung Talikolot RT 07/03 Desa Warudoyong Kecamatan Cikalong Kulon Cianjur, kini usahanya terancam punah. Puluhan Tahun Apan menekuni kerajinannya hingga detik ini ia bertahan membuat kerajinan bahan bangunan berupa bilik yang berasal dari bambu. Betapa sulit usaha di jaman sekarang. Apalagi dengan adanya corona semakin sempit langkah usaha untuk menjual hasil karya nya kepada konsumen." Ujar Apan.





"Enam puluh Tahun Apan bergelut menekuni kerajinan tangan, untuk membuat anyaman bilik. Namun sekarang Apan merasa terhimpit dengan melemahnya perekonomian di jaman sekarang. Dulu tiap hari Apan bisa menjual puluhan lembar bilik, baik bilik daging ataupun bilik yang di ukir, tapi sekarang Apan hanya bisa menjual dua atau tiga lembar saja sehari, itupun kalau ada pesanan." ujar Apan.



"Dengan susahnya bahan baku bambu, serta penjualan yang sangat drastis menurun menurun, kini Apan hanya bisa bertahan demi menghidupi anak istrinya. Harapan Apan semoga usaha nya bisa berkembang pesat kembali, walau kini jaman semakin maju dan banyak bangunan yang menggunakan produk luar, namun Apan tetap bertahan, semoga untuk kedepanya ada uluran tangan pemerintah agar usaha saya bisa pulih kembali seperti dulu lagi." pungkas Apan. (Rafli/ Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update