-->

Notification

×

Bang Jack: Good Bikers Harus Teladani Sahabat Nabi Yakni Ukasyah Bin Mihshan

Sunday, 10 January 2021 | 08:27 WIB Last Updated 2021-01-10T01:29:23Z



Bang Jack: Good Bikers Harus Teladani Sahabat Nabi Yakni Ukasyah Bin Mihshan


Journal News - Dalam buku SirahNabawiyah karya Ibnu Hisyam, Perang Badar telah melahirkan pahlawan-pahlawan Islam di medan perang dan Ukasyah bin Mihshan bin Harsan Al-Asadi salah satunya. Begitu dahsyatnya Ukasyah bertempur memerangi kafir Quraisy hingga pedangnya patah. Ukasyah mendekati Rasulullah dan Rasulullah pun melihat kondisi pedang Ukasyah. Lalu Rasulullah saw membawakan sebuah ranting pohon, dan bersabda, "Berperanglah dengan ini wahai Ukasyah." 

 


Ukasyah menerima kayu pemberian Rosulullah. Ukasyah mulai mengayunkannya dan kembali berperang. Saat itulah, atas izin Allah SWT, batang kayu itu berubah menjadi pedang yang panjang dan kokoh yang terbuat dari besi berwarna putih. Ukasyah semakin yakin dengan pedangnya dan meneruskan pertempurannya dengan menggunakan pedang itu hingga Allah SWT memberikan kemenangan kepada kaum Muslimin.  


 

Ukasyah memberikan nama pedangnya Al-Aun. Pedang itu selalu berada di tangannya dan digunakan dalam berbagai pertempuran bersama ataupun tanpa Rasulullah. Hingga pertempuran terakhirnya ar-Riddah, Ukasyah mati syahid dalam perang melawan orang-orang murtad dengan menggenggam pedangnya. Ukasyah gugur di medan perang satu tahun setelah wafatnya Rasulullah SAW.


 

Kehebatan Ukasyah di medan perang juga mendapatkan pujian Rasulullah saw. Rasulullah bersabda, sebagaimana diceritakan kepadaku oleh keluarganya,

 


"Di antara kita ada sebaik-baik penunggang kuda." Orang-orang bertanya, "Siapakah orangnya, Rasulullah?" Beliau bersabda, "Ukkasyah bin Mihshan"


Bang Jack alias Yadi Fiyana, berdiskusi santai sesudah Gerakan Sholat Isya Berjamaah Part VII di Masjid Aisyah, Perempatan Cieunteung, Bantar, Kota Tasikmalaya (9/1).



Bang jack bercerita tentang kehebatan Ukasyah Sahabat Nabi di ruangan samping masjid tersebut. Kehebatan Ukasyah sebagai penunggang kuda terbaik pada masa Rasulullah, harus dijadikan tauladan bagi seluruh biker terutama di Kota Tasikmalaya dalam menangkal maraknya aksi geng motor. 


"Yang harus dilakukan good bikers adalah saling menasihati akan kebaikan dan kebenaran, sering silaturahmi untuk mempererat persaudaraan, dan yang paling penting kegiatan sholat isya berjamaah menjadi patokan kehidupan bikers sebelum keluar malam dalam menjalin silaturahmi." Ungkap Bang Jack. (Andris Khas)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update